Launching Koperasi PSM, Wabup Sampang Harapkan DPD KNPI Terus Cetak Pemuda Mandiri Secara Ekonomi

Launching Koperasi Pemuda Sampang Mandiri.
(Foto : Prokopim Pemkab)

SAMPANG – Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat melaunching Koperasi Konsumen Pemuda Sampang Mandiri (PSM), Senin (10/10/2022).

Lahirnya Koperasi Konsumen PSM tersebut diinisiasi oleh Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sampang.

Hadir pada kegiatan tersebut diantaranya Direktur Utama Bank Sampang H. Syaifullah Asyik, Kepala Diskopindag Sampang H. Suhartini Kaptiati, Perwakilan Disporabudpar Sampang, Ketua AKD Sampang, Ketua Organisasi Kepemudaan, Pengurus DPD KNPI Sampang, Ketua DPK KNPI se Kabupaten Sampang.

Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat saat menyampaikan sambutan.
(Foto : Prokopim Pemkab)

Ketua DPD KNPI Sampang Nurul Huda menyampaikan bahwa Koperasi PSM merupakan wadah untuk mewujudkan kemandirian organisasi.

Untuk mewujudkan kemandirian organisasi, menurutnya ada beberapa tahapan diantaranya dengan melakukan beberapa bidang usaha dan salah satunya yaitu mendirikan koperasi.

“KNPI akan selalu hadir menebar manfaat untuk terwujudnya pemuda yang kreatif, produktif sehingga dapat mendongkrak perekonomian daerah,” ujarnya.

Koperasi PSM menurutnya akan juga memberikan support modal kepada pemuda yang memiliki usaha semisal home industri dan sebagainya.

Tak hanya itu, beberapa layanan koperasi PSM juga terdapat simpan pinjam, gadai bahkan saat ini telah memiliki unit usaha yaitu swalayan.

Sementara itu, Kepala Diskopindag Sampang Hj. Suhartini Kaptiati mengapresiasi dilaunchingnya Koperasi Konsumen Pemuda Sampang Mandiri.

Pihaknya mengatakan pelibatan peran pemuda dalam pergerakan koperasi, juga akan menambah sensitivitas dalam pengembangan, sehingga koperasi dapat tumbuh sejajar dan seiring dengan badan usaha lain.

“Sebagai agen pembangunan, generasi muda kita harus dibekali dengan pengalaman berusaha serta pembangunan karakter yang berbasis nilai gotong-royong dan usaha bersama, keseluruhannya akan diperoleh melalui koperasi,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat mewakili Pemerintah Daerah mengapresiasi langkah DPD KNPI Sampang yang menginisiasi lahirnya Koperasi PSM.

Pihaknya berharap dengan adanya Koperasi PSM akan membantu para pemuda di Kabupaten Sampang lebih produktif dan kreatif sehingga terwujudnya mandiri secara ekonomi.

“Koperasi tidak lagi sekadar menjadi cerita klasik di kalangan generasi milenial, tetapi benar-benar mampu hadir sebagai solusi masa depan pemuda di Indonesia khususnya Kabupaten Sampang,” ujarnya.

Di era digital ini, sebetulnya tidak ada alasan untuk mengatakan koperasi belum populer secara menyeluruh di kalangan generasi milenial sehingga pihaknya juga berharap hadirnya Koperasi PSM membawa dampak positif berkelanjutan. (dhe)

Search