Lantunan Puisi Istri Bupati Sampang Hingga Orasi Budayawan Zawawi Imron Meriahkan Panggung Budaya Madura 2022

Ketua TP PKK Sampang Hj. Mimin Slamet Junaidi saat membawakan Puisi karya KH. D. Zawawi Imron.
(Foto : Prokopim Pemkab)

SAMPANG – Kegiatan Panggung Budaya Madura 2022 yang merupakan rangkaian Hari Jadi Kabupaten Sampang ke 399 berlangsung spektakuler dan meriah, Senin (31/10/2022) di Jalan Wijaya Kusuma.

Berbagai penampilan kebudayaan tersebut berhasil menyedot animo masyarakat salah satunya penampilan puisi Ketua TP PKK Sampang Hj. Mimin Slamet Junaidi yang merupakan Istri Bupati Sampang.

Para tamu undangan dan masyarakat yang hadir tampak terlihat khidmat mendengarkan puisi “Madura, Akulah Darahmu” karya KH. D. Zawawi Imron yang dibacakan oleh Hj. Mimin Slamet Junaidi.

Selain itu, kehadiran Budayawan Nasional KH. D. Zawawi Imron yang membawakan Orasi Budaya dihadapan masyarakat kota bahari membawa penonton ke kilas sejarah Sampang.

Orasi Budaya KH. D Zawawi Imron

Sosok budayawan yang dikenal dengan Sang Clurit Emas tersebut dalam lantunan orasinya mengajak penonton untuk mencintai tanah kelahiran Kabupaten Sampang tercinta.

Selain dua penampilan spektakuler tersebut, Panggung Budaya Madura 2022 juga menampilkan para pemenang lomba Daul Dug-Dug Ranggun Maraya, Daol Combo, Teater, Seni Kreasi Tari Tradisional dan Hadrah.

Plh. Sekda Sampang Moh. Fadeli mengaku takjub dengan kemeriahan acara yang digagas antara Pemerintah Kabupaten Sampang bersama Sampang Kreatif dalam rangkaian Hari Jadi ke 399.

“Sesuai dengan tema Jhung Rojhung Majhejhe Budhaja, membuktikan bahwa budaya di Kota Bahari masih hidup dan memiliki marwah,” ujarnya.

Adanya kegiatan tersebut diharapkan mampu memberikan warna positif sehingga mendongkrak perekonomian daerah dan menambah daya tarik wisatawan untuk datang ke Sampang.

“Kemeriahan kegiatan acara Panggung Budaya Madura tidak terlepas dari peran berbagai pihak, kami berharap bisa digelar rutin setiap tahun,” ucapnya.

Sekedar diketahui, kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Plh. Sekda Sampang Moh. Fadeli, Ketua TP PKK Sampang Hj. Mimin Slamet Junaidi, Wakil Ketua TP PKK Hj. Vanny Abdullah Hidayat, Kepala OPD di lingkungan Pemkab Sampang. (dhe)

Search