Kunjungan Kerja, Dirjen Perikanan Tangkap KKP RI Serahkan Bantuan kepada Nelayan Sampang

Dirjen Perikanan Tangkap KKP RI saat menyerahkan bantuan kepada nelayan.

SAMPANG – Direktur Jenderal (Dirjen) Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia (RI) Muhammad Zaini Hanafi melakukan kunjungan kerja di Desa Aengsareh, Kecamatan Sampang Kota, Kabupaten Sampang, Sabtu (11/9/2021).

Turut mendampingi Kunjungan Kerja Dirjen Perikanan Tangkap KKP RI yaitu Anggota Komisi IV DPR RI Slamet Ariyadi kemudian disambut oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang H. Yuliadi Setiawan bersama Forkopimda, Anggota DPRD Sampang Dapil I, Kepala Dinas Perikanan Sampang serta Forkopimcam.

Kunker dilakukan dalam rangka memperingati Bulan Bakti Nelayan oleh sebab itu, pada momentum tersebut diserahkan bantuan alat tangkap ikan, jaring serta beberapa alat lainnya kepada nelayan yang berada di wilayah Desa Aengsareh, Kecamatan Sampang Kota.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang H. Yuliadi Setiawan saat menyerahkan bantuan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang H. Yuliadi Setiawan pada saat sambutannya menyampaikan selamat datang kepada Dirjen KKP RI yang merupakan asli Putra Daerah kelahiran Kota Bahari.

“Kami ucapkan selamat datang Pak Dirjen, momentum kunker ini sekaligus pulang kampung,” ujarnya.

Pada kesempatan Sekdakab melaporkan bahwa di Kabupaten Sampang ada sebanyak 14 ribu masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan.

Dari sekian banyak nelayan, ada sekitar 3.400 perahu milik masyarakat di Kabupaten Sampang yang terdata oleh Pemerintah.

Hal tersebut membuat Pemerintah Daerah harus memberikan perhatian lebih kepada kelompok nelayan utamanya di masa Pandemi Covid-19.

“Semoga kedatangan bapak bisa memberikan dampak positif kepada nelayan mulai dari penangkapan, perawatan hingga ke penjualannya,” ungkap H. Yuliadi Setiawan.

Nelayan menurutnya merupakan sumber daya yang harus dikelola dengan baik agar hidupnya lebih sejahtera.

Sementara itu, Dirjen Perikanan Tangkap KKP RI Zaini Hanafi menyampaikan bahwa pihaknya berkeliling Nusantara untuk mengetahui masalah di lapangan yang menimpa kelompok nelayan.

“Setiap daerah tentu berbeda permasalahannya, saya asli dilahirkan di Sampang, bahkan sekolah saya disini juga, jadi sudah sepatutnya saya turun pulang kampung membantu Kota kelahiran saya,” ucapnya.

Selain memberikan bantuan alat tangkap ikan, pihaknya berpesan kepada nelayan jika memiliki anak yang berprestasi dan serius ingin menekuni ilmu kelautan dan perikanan akan diberikan beasiswa pendidikan.

“Harus ada regenerasi sosok dari Sampang yang sukses juga, mari jika memiliki anak berprestasi laporkan kepada saya, akan diberikan beasiswa penuh untuk kuliah di Politeknik Kelautan dan Perikanan,” pesannya.

Di akhir, Dirjen Perikanan Tangkap KKP RI berpesan kepada pemerintah daerah untuk memprioritaskan kesejahteraan nelayan, bahkan pihaknya akan intens membantu jika ada sesuatu yang dibutuhkan. (dhe)