Kunjungan Kerja, Arumi Bachsin Dorong Suksesnya Bulan Imunisasi Anak di Sampang

Ketua TP PKK Jawa Timur Hj. Arumi Bachsin bersama Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Sampang saat melakukan imunisasi.
(Foto : Prokopim Pemkab)

SAMPANG – Ketua TP PKK Sampang Hj. Mimin Slamet Junaidi bersama Wakil Ketua TP PKK Hj. Vanny Abdullah Hidayat dan Ketua Dharma Wanita Persatuan menyambut kedatangan Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur Hj. Arumi Bachsin Emil Dardak di Pendapa Trunojoyo, Jum’at (9/9/2022).

Kedatangan Ketua TP PKK Jatim Arumi Bachsin sekaligus Isteri Wakil Gubernur Jawa Timur ini dalam rangka melakukan Monitoring Pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di Kabupaten Sampang mengingat pentingnya imunisasi anak untuk mencegah Kejadian Luar Biasa (KLB) dimasa depan.

Ketua TP PKK Kabupaten Sampang Hj. Mimin Slamet Junaidi mengungkapkan Ia telah melibatkan sejumlah pihak untuk menyukseskan BIAN di Kabupaten Sampang.

Meski demikian dalam usahanya terdapat sejumlah tantangan, yakni salah satunya tersebarnya informasi hoax dalam masyarakat.

“BIAN di Sampang sudah dilaksanakan dengan melibatkan segala pihak dan terus berproses, namun ada hambatan yakni berita hoax, masyarakat takut diimunisasi karena takut itu vaksin covid-19,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan telah melakukan sejumlah upaya pendekatan kepada masyarakat sehingga tercipta upaya inovasi.

“Kami melakukan pelaksanaan support sistem, melakukan pendekatan untuk menarik setiap desa dan posyandu, anak dan ibunya untuk imunisasi lengkap, dan melakukan inovasi Gerakan MANIS (imunisasi anak setiap hari), ” lanjutnya.

Ia menegaskan akan terus berupaya dan berproses menyukseskan pelaksanaan BIAN, sebagai bentuk komitmennya dalam menyukseskan pembangunan di Kabupaten Sampang.

“Kami terus berkomitmen menyukseskan BIAN di Kabupaten Sampang, alhamdulillah sudah mulai terasi , kami terus berproses menggandeng segala pihak dan melakukan segala upaya, ” tegasnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Jatim Hj. Arumi Bacshin Emil Dardak mengungkapkan bahwa kunjungan kerjanya ke Kabupaten Sampang untuk menambah semangat untuk meningkatkan capaian imunisasi anak lengkap di Kabupaten Sampang.

“Yang kami harapkan adalah supaya anak-anak mendapatkan hak-haknya untuk mendapatkan imunisasi lengkap, kami khawatir kekebalan masyarakat menurun dan terjadi kejadian luar biasa, ” ucapnya.

Capaian Imunisasi di Jawa Timur menurutnya sudah cukup memuaskan secara nasional, pasalnya Jatim seringkali menempati peringkat satu dan dua secara nasional.

“Seluruhnya punya komitmen sehingga di Jawa Timur selalu di peringkat 1 atau 2 secara nasional, hal ini diharapkan menjadi semangat kita semua, ” tambahnya.

Meski demikian Ia menyampaikan capaian imunisasi Jatim masih belum cukup untuk membentuk kekebalan kelompok, sehingga masih perlu dilakukan upaya penuh dari segala pihak.

“Jawa Timur sudah mencapai 85 persen capaian imunisasi, namun hal ini belum cukup, untuk mencapai kekebalan kelompok, minimal kita harus mencakup 95 persen,” tutupnya. (rsa)

Search