Kontes Akik Nasional, Bupati dan Wabup Sampang Didaulat Sebagai Juri

SAMPANG – Paguyuban Trunojoyo Komunitas Pecinta Akik (Kompak) menggelar pameran Batu Akik Nasional di Hotel Panglima, Jalan Panglima, Kelurahan Dalpenang, Sampang, Sabtu (12/12).

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka menyambut hari jadi Sampang ke-397 sekaligus mempererat tali silaturahmi para pecinta akik se Nasional.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi bersama Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat didaulat oleh panitia untuk menjadi juri untuk kategori batu diengan.

Ketua Panitia Fadol.

Ketua Panitia Kegiatan H. Fadol menyampaikan jika para peserta jumlahnya ratusan yang berasal dari berbagai kota termasuk Bandung, Jakarta hingga Pulau Bali.

“Kegiatan ini pertama kalinya pasca Pandemi dan kita gelar dengan mematuhi protokol kesehatan, alhamdulilah pecinta akik se Nasional bisa berkumpul di Sampang,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya menyampaikan juga bahwa mengangkat batu lokal yakni diengan dalam perlombaan.

“Sesuai dengan arahan Bapak Bupati bahwa batu lokal harus diangkat juga, sehingga jenis Diengan diperlombakan juga dalam kesempatan ini,” ungkapnya.

Fadol yang juga merupakan Ketua DPRD Sampang berharap kegiatan seperti ini nantinya akan digelar tahunan sekaligus sebagai ajang promosi Kabupaten Sampang ke khalayak luar.

Bupati Sampang H. Slamet Junaidi.

Sementara itu, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi menyampaikan, dengan terselenggaranya acara tersebut dirinya berharap dapat memberikan dampak positif. Sehingga bisa menghilangkan isu-isu negatif.

“Kami apresiasi kegiatan ini, kegiatan ini merupakan sebuah bentuk kepedulian dan prestasi dari saudara-saudara sekalian, dalam hal ini tentunya Sampang Trunojoyo Kompak sebagai penyelenggara kegiatan,” katanya.

Orang nomor satu di Kabupaten Sampang tersebut mendukung penuh acara yang digelar Sampang Trunojoyo Kompak. “Harusnya acara ini lebih besar dari acara kali ini,” tuturnya.

Bupati Sampang yang kerap disapa H. Idi tersebut berharap, acara tersebut juga bisa dijadikan sebagai event tahunan. “Terlebih bisa diselenggarakan bersamaan dengan hari jadi Kabupaten Sampang,” pesannya.

“Kami, siapkan lapaknya di lapangan wijaya, kalau bisa 20 stand untuk pameran akik isi batu akik semua, sehingga bisa menjadi event besar,” ucapnya.

H. Idi mengakui, dirinya bersama Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat juga sebagai salah satu kolektor batu akik yang hobi mengoleksi batu-batu akik. Sehingga dirinya mengapresiasi acara tersebut agar dapat menghidupkan lagi batu akik sebagai wisata.

“Saya dan pak wabup juga suka mengoleksi batu akik. Di lemari saya banyak batu akik, jadi mari kita boomingkan lagi batu akik di Kabupaten Sampang ini,” tandasnya. (dhe)