Kominfo Sampang Siaran Keliling Antisipasi Virus Corona

Siaran keliling di Kecamatan Kedungdung.

SAMPANG – Dinas Komunikasi dan Informatika atau Kominfo Kabupaten Sampang dan Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat bekerja sama untuk mensosialisasikan pencegahan virus corona atau covid-19.

Mobil Operasional Diskominfo itu telah melakukan beberapa kali siaran mulai dari wilayah perkotaan hingga ke sekitar sebagian daerah pelosok desa di Kabupaten Sampang.

Hal itu dilakukan mengantisipasi sejak dini merebaknya wabah virus corona atau covid-19, serta upaya pencegahan secara preventive baik secara pribadi, kelompok masyarakat maupun organisasi pemerintah serta organisasi kemasyarakatan.

Penyebaran pamflet himbauan pencegahan Corona.

Terlebih, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi secara lisan memerintahkan jajaran terkait untuk mengambil tindakan dan langkah-langkah dalam menanggapi hal tersebut.

“Iya, kami mengadakan siaran keliling menggunakan mobil, melalui siaran radio pemeritah daerah, baliho-baliho, dan spanduk serta videotron untuk sosialisasi pencegahan virus tersebut,” ucap Kepala Diskominfo Kabupaten Sampang H. Djuwardi, Senin (23/03/2020).

Hal itu dilakukan guna menyampaikan informasi kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Sampang tentang bagaimana mencegah penyebaran covid-19.

Lebih lanjut, Djuwardi menyebutkan dalam siaran tersebut disampaikan bagaimana pola hidup sehat seperti mencuci tangan secara rutin menggunakan sabun atau disinfektan, dan membilas dengan air mengalir, rajin berolah raga serta makan makanan yang bergizi.

“Kemudian menjaga kebersihan rumah dan tempat-tempat ibadah serta tempat kerja dan fasilitas umum, menjaga ketenangan ketertiban serta tidak resah,” ucapnya.

Selanjutnya, bisa dengan mengurangi kontak fisik dengan orang atau benda serta menghindari kerumunan masa yang dapat menyebabkan penyebaran atau penularan virus covid-19 juga mengurangi kegiatan kegiatan yang bersifat mengumpulkan orang banyak.

Sedangkan apabila terdapat gejala-gejala batuk dan demam yang disertai sesak nafas atau terdapat riwayat perjalanan maupun kontak  dengan orang dari daerah terjangkit  maka langkah-langkah yang harus diambil agar segera memeriksakan diri ke dokter atau puskesmas, atau rumah sakit terdekat.

Sekedar diketahui, Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan dan Pencegahan Corona Virus telah mendirikan Posko, menyemprotkan insektisifan ke tempat umum, press release dengan media untuk penyebaran informasi terkait dengan bahaya Virus yang dikenal dengan Covid-19. (dhe)