Ketua TP PKK Sampang Kunjungi Kebun Anggur di Desa Panggung

Ketua TP PKK Sampang saat mengunjungi kebun anggur.

SAMPANG – Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Sampang Hj. Mimin Slamet Junaidi mengunjungi kebun anggur yang terletak di perbatasan Desa Panggung dan Gunung Maddah, Kecamatan Sampang Kota, Minggu (12/09/2021).

Turut hadir pada kesempatan tersebut diantaranya Camat Sampang Yudhi Adidarta Karma beserta istri, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sampang serta pemilik lahan kebun anggur Bapak Haris beserta keluarga.

Pada kesempatan tersebut, Ketua TP PKK Sampang Hj. Mimin Slamet Junaidi mengajak masyarakat agar termotivasi lebih kreatif seperti halnya Bapak Haris yang telah sukses menanam anggur di pekarangan rumah.

“Banyak potensi yang bisa dikembangkan untuk bisa menghasilkan uang, salah satunya memanfaatkan pekarangan rumah bahkan bisa dijual untuk tambahan pemasukan ekonomi keluarga,”  ucapnya.

Keberhasilan Bapak Haris walaupun menanam anggur di lahan kering membuktikan jika dilakukan dengan kerja keras dan niat akan sukses mencapai tujuan.

“Walaupun Sampang kekurangan air, beliau membuktikan bahwa bisa, petani masa kini harus kreatif dan inovatif melihat peluang,” pesannya.

Sementara itu, Bapak Haris selaku pemilik kebun anggur mengaku jika penanaman pertama dilakukan di bulan Januari 2021 dengan masa hingga panen memakan waktu sekitar 8 bulan.

“Awalnya termotivasi karena katanya anggur sangat sulit tumbuh, namun alhamdulilah kita membuktikan ada sebanyak 55 varietas anggur yang tumbuh dan panen saat ini,” ucapnya.

Pihaknya bercerita bahwa bibit anggur didapat dari Jogja dan Kediri sebanyak 54 pohon, kemudian membuat media tanam dan rumah teduh dengan total hingga panen menghabiskan modal sekitar 60 juta.

“Selain menjual buahnya, kita akan menjual juga bibitnya, khusus warga sekitar kami siap membimbing bagaimana nanti bisa menjadi Kampung Anggur dan menjadi destinasi wisata,” pungkasnya. (dhe)