Ketua Kwarcab Sampang Lantik Ranting Pramuka Garuda Camplong

Ketua Kwarcab Pramuka Sampang H. Abdullah Hidayat.
(Foto : Prokopim Pemkab)

SAMPANG – Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Sampang H. Abdullah Hidayat menghadiri upacara pelantikan Pramuka Garuda Kwartir Ranting Camplong di Tempat Pelelangan Ikan, Camplong, Selasa (12/10/2021).

Sebanyak 50 peserta yang dilantik sebagai Pramuka Garuda terdiri dari 4 Pramuka Siaga, 17 Pramuka Penggalang, 26 Pramuka Penegak dan 3 Pramuka Penegak dengan didampingi wali orang tua masing-masing.

Ketua Kwarran Camplong H. Abdullah Muslim mengungkapkan bahwa pelantikan Pramuka Garuda merupakan tingkatan tertinggi dalam Pramuka dan agenda Kwarnas yang baru dilaksanakan di dua daerah yaitu Trenggalek dan Sampang.

Ia menjelaskan bahwa peserta sebelumnya telah melalui proses panjang, mulai dari tingkat ranting sampai cabang, sebelum dilantik sebagai Pramuka Garuda pada Selasa (12/10/2021).

“Sebelumnya adik-adik sudah melalui proses pengarahan dan pengujian dari 4 andalan cabang dan 4 andalan ranting, setelah melalui tes tersebut 50 orang dinyatakan dapat memenuhi syarat untuk lulus, ” ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk revitalisasi agar dapat lebih meningkatkan peran, fungsi dan tugas pokok serta eksistensi gerakan pramuka di Kabupaten Sampang.

“Pramuka Garuda ini diadakan dengan tujuan revitalisasi, yaitu pemberdayaan gerakan pramuka secara sistematis, berkelanjutan dan terencana demi meningkatkan peran, fungsi dan tugas pokok pramuka serta memperkokoh eksistensi organisasi pramuka,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, ia juga mengungkapkan rasa terimakasih kepada Ketua Kwarcab Pramuka Sampang karena telah berkenan hadir dan melantik peserta Pramuka Garuda Ranting Camplong.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Kakak Ketua Kwarcab Sampang H. Abdullah Hidayat, karena telah berkenan hadir dan melantik adik-adik peserta, ” ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua Kwarcab Sampang H. Abdullah Hidayat mengucapkan selamat kepada adik adik peserta Pramuka Garuda ranting camplong yang telah berjuang hingga dapat lulus dan dilantik.

“Saya berikan apresiasi setinggi tingginya, ini adalah perjuangan adik adik semuanya yg ada di Kecamatan Camplong, selamat dan semoga dapat terus meningkatkan keterampilan, ” ujarnya.

Ia memuji Kwartir Camplong sebagai organisasi Pramuka terbaik di Kabupaten Sampang dan berharap agar pramuka-pramuka di Kecamatan lain dapat mengikuti jejak keberhasilan Kecamatan Camplong.

Pada kegiatan tersebut Ia mengundang seluruh peserta untuk datang ke Pendopo Wakil Bupati Sampang sebagai bentuk apresiasi terhadap kerja keras mereka.

“Saya undang adik adik yang dilantik hari ini untuk hadir ke Pendopo Rakyat, kita atur nanti hari dan tanggalnya karena saya merasa bangga dan terharu,” tandasnya. (rsa/dhe)