Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Panen Raya Semangka di Desa Kamoning

Panen raya semangka di Desa Kamoning.

SAMPANG – Ketua TP PKK Sampang Hj. Mimin Slamet Junaidi bersama Wakil Ketua TP PKK Hj. Vanny Abdullah Hidayat menghadiri panen raya semangka di Desa Kamoning, Kecamatan Sampang Kota, Selasa (29/9/2020).

Ikut serta hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Sampang Hj. Enny Yuliadi Setiawan, Camat Sampang Kota Yudhi Adidarta Karma S.STP., M.Si, dan perwakilan dari Dinas Pertanian serta BPP Tanggumong.

Panen raya tersebut dilakukan di sawah milik Bapak Haryono seluas 1,2 hektare sebanyak enam petak yang diatasnya ditanam semangka.

Petani semangka Haryono mengatakan bahwa dirinya bermodal sebanyak sepuluh juta untuk menanam semangka dari proses awal hingga panen.

Panen sayur brokoli di BPP Tanggumong.

Ketika memanen pihaknya mengaku memperoleh keuntungan sebanyak 40 juta rupiah dari hasil tanam semangkanya.

“Alhamdulillah untuk pasarnya juga sangat mudah, bahkan sebelum dipanen sudah ada yang pesan, semoga para warga sekitar nantinya juga ikut menanam semangka untuk meningkatkan perekonomian mereka,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK H. Mimin Slamet Junaidi mengapresiasi petani Milenial yang menghasilkan banyak varietas tanaman seperti yang dilakukan Bapak Haryono.

Panen semangka ini merupakan panen perdana yang diharapkan memotivasi petani lainnya agar tetap eksis sehingga bisa mencontoh Pak Haryono.

Pihaknya juga berharap petani agar kembali giat membuka lahannya dengan kondisi sekarang wabah virus Corona yang berdampak di Sampang sektor pertanian tidak boleh berhenti.

“Semangkanya manis dan pasarnya juga luas, semoga para petani tidak terpaku pada jenis tanaman saja seperti halnya Pak Haryono sukses memanen beberapa ton semangka saat ini,” tutupnya.

Usai melakukan panen semangka, rombongan TP PKK kemudian bergerak menuju BPP Tanggumong Kecamatan Sampang Kota untuk melakukan panen sayuran brokoli. (dhe)