Jalin Silaturahmi, FKUB Jatim Berkunjung ke Sampang

Silaturahmi FKUB Jatim ke Kabupaten Sampang.

SAMPANG – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Jawa Timur, mengadakan kunjungan dan silaturahmi ke Pemerintah Daerah Kabupaten Sampang, Selasa (18/11/2020).

Rombongan diterima oleh Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat, Kepala Kemenag Sampang H. Pardi, Plt. Kepala Bakesbangpol Sampang Anang Djoenaidi, Ketua MUI Sampang KH Bukhori Maksum, Ketua Tanfidziyah PCNU Sampang KH Itqon Busyiri, Ketua PC Muhammadiyah Sampang beserta Ketua dan Pengurus FKUB Sampang.

Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat saat memberikan sambutan.

Wakil Bupati Sampang H  Abdul Hidayat dalam sambutannya mengatakan jika sampai saat ini Kabupaten Sampang tetap aman dan tidak ada permasalahan.

Pria yang akrab disapa Haji Ab ini memaparkan hal itu dikarenakan warga Sampang selama ini menjaga kerukunan dan toleransi antarumat beragama.

Di Sampang, pihaknya menjelaskan jika mayoritas sekitar 98 persen masyarakat beragama Islam dan sisanya non muslim.

“Alhamdulillah juga beberapa waktu lalu konflik agama yang sudah berlangsung sekitar 10 tahun, mereka (penganut syiah) kembali ke ajaran Aswaja,” ucapnya.

Dalam momentum suasana natal dan tahun baru, pihaknya juga menghimbau masyarakat untuk hati-hati dalam bersosial media yang rawan dengan kabar hoax.

“Dunia Maya juga kita waspadai karena disitulah banyak ditemukan kabar hoax yang sering mengadu domba antara satu dengan yang lain,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Sekretaris FKUB Jatim, Hizbul Wathan mengatakan jika tujuannya datang ke Sampang adalah menjaga dan membina kerukunan umat beragama dalam pelaksanaan Pilkada, Natal dan Tahun Baru di Jawa Timur, mengingat hal yang paling gampang digesek adalah tentang agama.

Untuk itu, pihaknya berharap FKUB bisa membantu Pemkab untuk melaksanakan tugas itu dan pihaknya bersyukur ada gambaran keadaan Sampang yang aman terkendali dan pemerintah mampu merawat dan memelihara kebhinekaan. (dhe)