Jajaki Kerjasama, Sampang Diproyeksikan Menjadi Tujuan Wisatawan Asing

Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat ditemani TP2D Prof. Wahyudi dan Anggota beserta Disporabudpar saat bersama William beserta Tim Ahli di Kantor Pemda Sampang.

SAMPANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang kedatangan tamu Yayasan Suvono yang diwakili oleh Turis asal Belanda William beserta tim ahli dalam rangka pengembangan wisata mancanegara.

Kunjungan silaturahmi tersebut ditemui oleh Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat di ruang kerjanya dengan didampingi oleh Plt. Dinas Pemuda Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) beserta Staff, Senin (7/9/2020).

Ditemui usai kegiatan, William turis asal Belanda yang memiliki Yayasan bergerak di bidang wisata internasional tersebut mengaku tertarik dengan potensi wisata di Pulau Madura.

Pihaknya ingin ada kerjasama kedepan untuk wisatawan mancanegara yang akan datang berkunjung di Pulau Madura khususnya Kabupaten Sampang.

Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat saat berdiskusi dengan Turis asal Belanda William yang memiliki Yayasan di bidang wisata internasional.

“Kedatangan kami disini ingin mengeksplorasi wisata Sampang ke rekan rekan kami yang ada di Mancanegara dengan tujuan memancing mereka datang kesini juga,” ucapnya.

William akan membuat program paket keliling wisata Madura dan Sampang nantinya bersama turis mancanegara agar semakin dikenal.

Dirinya mengaku sudah bergerak mulai tahun 1969 mempromosikan paket wisata Jawa Bali kepada rekannya di luar negeri sehingga banyak turis manca negara datang.

“Kedepan kita buat program 7 hari di Madura jadi nanti saya bawa puluhan turis tapi rutin tiap tahunnya eksplore wisata karena Madura belum terlalu dikenal namun memiliki daya tarik sendiri sehingga akan dilirik oleh wisatawan mancanegara,” ucapnya.

Pihaknya juga tidak menutup kemungkinan akan melakukan investasi pengembangan wisata di Kabupaten Sampang kepada beberapa investor agar semakin maju dan berkembang.

“Lepas dari sini akan saya komunikasikan juga ke beberapa investor terkait wisata di Sampang yang masih perlu pengembangan, Pemerintah Daerah hanya perlu menyiapkan lahannya,” ucap William.

Hanya saja menurutnya PR untuk Kabupaten Sampang masih perlu berdiri hotel berbintang agar para turis mancanegara merasa nyaman ketika berwisata.

“Kalau sudah dilengkapi hotel yang berbintang lebih nyaman juga suatu saat para turis mancanegara tidak harus kembali ke Surabaya namun menetap beberapa hari di Sampang untuk menikmati paket wisata disini,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat merespon positif kedatangan William bersama Tim ahlinya yang bertujuan akan membawa wisata Sampang lebih dikenal.

“Tentu itu merupakan hal yang positif karena jika sudah ada turis mancanegara datang berwisata ke Sampang maka kita akan semakin dikenal, bisa untuk pancingan kedatangan wisatawan lainnya juga,” ucapnya.

Pihaknya juga mendukung jika ada investor yang akan mengembangkan pariwisata sebab menurutnya untuk membangun Sampang tidak bisa hanya mengandalkan APBD saja.

“Kita terbuka lebar untuk investor yang memiliki tujuan positif yang penting komitmennya jelas agar Pemerintah Daerah, Investor dan masyarakat sama sama diuntungkan,” tukasnya.

Usai melakukan silaturahmi dengan Wakil Bupati Sampang, William kemudian melanjutkan perjalannya dengan melihat wisata malam Ratu Ebu dan meninjau bangunan bekas peninggalan Belanda yang berada di Desa Krampon Kecamatan Torjun. (dhe)