Hidup Sebatang Kara, Nenek Renta di Madegan Disambangi Bupati Sampang

Nenek Mina saat disambangi Bupati Sampang H. Slamet Junaidi.

SAMPANG – Nenek Mina yang sudah lanjut usia tinggal sebatang kara di gubuk kecil Kampung Madegan, Kelurahan Polagan, Kecamatan Sampang Kota disambangi oleh Bupati Sampang H. Slamet Junaidi, Rabu (06/05/2020).

Dalam sambangannya itu, pria yang akrab Aba Idi mengaku terenyuh jika di wilayah perkotaan masih ada warganya yang sangat tidak mampu dengan tinggal sebatang kara.

Nenek Mina dalam kesehariannya hanya mengandalkan belas kasihan bantuan dari para tetangganya sebab selama ini hanya tinggal seorang diri.

Bahkan, gubuk yang ditempati tersebut juga merupakan milik orang lain sehingga saat akan diberikan bantuan Rumah Tak Layak Huni (RTLH) dirinya enggan menerimanya.

“Ampon pak, nekah benni gheduen kauleh, (sudah pak, ini soalnya bukan punya saya,” ucap Nenek Mina dengan nada lirihnya ketika ditawari bantuan RTLH.

Karena itu, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi kemudian memerintahkan RT dan Lurah setempat untuk Nenek Mina agar diusulkan Bantuan Sosial yang berdampak pada kebutuhan hidupnya agar tercukupi.

“Mendengar kisahnya bahwa beliau hidup dengan uluran tangan tetangga sangat miris, padahal rumahnya masih berada di perkotaan, kita berikan bantuan agar kedepan kebutuhannya tercukupi,” ujar Bupati Sampang H. Slamet Junaidi.

Dirinya berharap peran Lurah beserta Kepala Desa sangat vital untuk menyisir warga yang kurang mampu di daerahnya supaya diusulkan bantuan sosial dari Pemerintah.

“Sosok seperti Nenek Mina ini yang harus diprioritaskan untuk mendapatkan bantuan, beliau benar-benar tidak mampu,” pungkasnya. (dhe)