Hari Kedua, Lima Posko Covid-19 Kecamatan Ditinjau Bupati Sampang

Bupati Sampang H. Slamet Junaidi ketika berada di Kecamatan Banyuates.
(Lukman/Protokoler)

SAMPANG – Setelah sebelumnya melakukan peninjauan Posko Covid-19 ke tiga Kecamatan, kali ini Selasa (07/04/2020) Bupati Sampang H. Slamet Junaidi melanjutkan meninjau posko percepatan penanganan Virus yang berasal dari Wuhan itu ke beberapa kecamatan lainnya.

Turut ikut serta dalam rombongan itu diantaranya Kapolres Sampang AKBP Didit Bambang Wibowo, S.I.K, Dandim 0828/Sampang Letkol Arm Mulya Yaser Kalsum SE M.Si

Rombongan berangkat dari Pendopo Trunojoyo setelah sholat Maghrib dengan rute pertama di Kecamatan Banyuates kemudian dilanjutkan ke Kecamatan Ketapang.

Setelah itu peninjauan dilanjutkan ke Sokobanah yang poskonya terletak di Puskesmas Batulenger, walaupun menjelang dini hari namun semangat Bupati Sampang beserta rombongan tetap melanjutkan perjalanan ke Kecamatan Karang Penang.

Peninjauan Posko Covid-19 di Kecamatan Ketapang oleh Forkopimda Sampang.
(Lukman/Protokoler)

Melewati jalan poros Sokobanah – Karang Penang yang curam membuat rombongan lebih memperlambat laju kendaraannya hingga sampai ke Kantor Kecamatan penghasil Genteng itu.

Tak sampai disitu, selesai disana kemudian perjalanan kembali dilanjutkan ke arah selatan menuju Kecamatan Omben yang menjadi pos perhentian terakhir.

Di setiap perbehentian posko, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi tak henti-hentinya mengingatkan petugas Satgas Covid-19 di tingkat Kecamatan agar bertugas dengan baik dan prima melakukan pendataan dan screening awal kepada warga yang datang dari daerah zona merah.

Hal itu semata-mata agar Kabupaten Sampang yang saat ini masih berada di Zona Hijau betul-betul kedepan tidak akan ada warganya yang terpapar Virus Covid-19.

H. Slamet Junaidi juga berpesan khusus jika ada warga yang datang dari zona merah terlebih luar negeri agar dilakukan pemantauan secara khusus kepada tenaga medis supaya jikalau dilakukan isolasi mandiri betul-betul dilaksanakan dengan baik.

Peninjauan di Posko Covid-19 Kecamatan Omben.

“Jika ada warga yang datang dari luar negeri khususnya seperti TKI yang dari Malaysia atau orang yang bekerja pelayaran dari Amerika, Brunei tolong betul-betul dipantau pastikan kesehatan mereka,” pesannya kepada tenaga medis di Kecamatan Banyuates.

Lebih lanjut, dirinya berpesan kepada para petugas medis yang bertugas untuk betul-betul melayani keluhan masyarakat sebab ini merupakan bencana dunia.

“Yang kita hadapi musuhnya tidak terlihat, tolong betul-betul dipantau para masyarakat, jika datang kesini layani dengan baik mereka, tak lupa kepada para petugas medis juga harus jaga kesehatan,” pesannya.

Kepada para Kepala Desa, pria yang akrab disapa H. Idi itu berpesan agar pengalihan anggaran untuk penanganan Covid-19 betul-betul direalisasikan dengan baik.

Seperti halnya pengadaan masker agar perputaran ekonomi tidak lari ke luar daerah, Kepala Desa diwajibkan memesan masker kepada pengrajin di desanya masing-masing.

“Jika di desanya tidak ada penjahit, komunikasikan ke desa sebelah artinya perputaran uang itu harus di Sampang agar masyarakat juga merasakan dampaknya, untuk konsultasikan dengan Dinas Kesehatan,” ucapnya.

Di akhir, Bupati Sampang berpesan kepada seluruh Satgas Covid-19 hingga ke lapisan bawah agar tetap fokus dan tidak main-main dalam hal menangani wabah ini agar Zona Hijau itu akan terus bertahan hingga wabah Corona berakhir. (eaz)