Hadiri Wisuda POLTERA, Bupati Sampang : Lulusan Vokasi Harus Terampil dan Kompetitif

Bupati Sampang H. Slamet Junaidi saat menghadiri wisuda Poltera.
(Foto : Humas Poltera)

SAMPANG – Bupati Sampang H. Slamet Junaidi menghadiri secara luring pelaksanaan Wisuda Politeknik Negeri Madura ke VII, Sabtu (18/9/2021).

Turut hadir pula dalam kesempatan diantaranya Direktur Poltera Dr. Arman Jaya S.T., M.T., para Wakil Direktur, Ketua Jurusan serta para wisudawan.

Pelaksanaan wisuda digelar secara hibrid luring di Gedung Bengkel Tenaga Poltera dengan menerapkan protokol kesehatan serta daring melalui live streaming YouTube Poltera.

Direktur Poltera Dr. Arman Jaya S.T., M.T., menyampaikan bahwa pihaknya mewisuda sebanyak 189 lulusan terdiri dari lulusan jenjang diploma (D3) jurusan Teknik Mesin Alat Berat sebanyak 34 wisudawan, Teknik Bangunan Kapal sebanyak 23 wisudawan, Teknik Listrik Industri sebanyak 38 wisudawan, dan Kesehatan sebanyak 94 wisudawan.

Selanjutnya, Arman Jaya juga menjelaskan bahwa di tengah kondisi pandemi menjadi tantangan tersendiri terlebih bagi wisudawan yang akan memasuki dunia kerja.

Meski demikian pihaknya mengajak wisudawan untuk tetap bersyukur dan bangga, serta tetap berusaha untuk berkontribusi bagi negara.

Selain itu, dirinya juga mengajak hadirin untuk tetap bersyukur dan menjaga kesehatan. Di tengah kondisi pandemi saat ini sambungnya, Arman Jaya menegaskan pentingnya pelaksanaan protokol kesehatan yang sangat ketat di setiap aktivitas.

“Meskipun kita di Sampang ini sudah berada pada zona kuning atau level 2, kita tetap harus patuhi protokol kesehatan serta tetap menjaga imun dan menguatkan iman, agar pandemi ini bisa segera usai,” tutur Arman.

Bupati Sampang meninjau proses pembuatan ambulance boat kerjasama Poltera dengan Pemerintah Kabupaten Sampang.
(Foto : Humas Poltera)

Sementara itu, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi mengaku bangga dengan kemajuan yang telah dicapai oleh Poltera termasuk menghasilkan lulusan yang berkompeten secara berkelanjutan.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Sampang senantiasa bersinergi dengan Poltera, diantaranya bantuan beasiswa Pemkab bagi 27 mahasiswa serta kerjasama strategis lainnya seperti pembuatan Ambulance Boat untuk Pulau Mandangin,” tuturnya.

Pada Wisuda yang ke VII, Poltera menunjukkan suatu progres yang positif sebagai satu-satunya lembaga pendidikan tinggi negeri di Kabupaten Sampang.

“Poltera merupakan kebanggaan dan harapan kita, semangat dan motivasi untuk menjadi pusat perkembangan sains di Madura khususnya di Kabupaten Sampang,” ucapnya.

Sebagai lembaga pendidikan tinggi di jalur vokasi, Poltera menurutnya harus cerdas membaca dinamika zaman sebab muncul kesadaran bahwa dunia usaha membutuhkan SDM yang siap pakai.

“Artinya lulusan Poltera harus memiliki keahlian praktek termasuk mumpuni secara teoritis, jawabannya melalui pendidikan vokasi yang kompetitif,” ujarnya.

Pihaknya berpesan agar Poltera terus memperluas kerjasama dengan dunia industri agar para mahasiswa dan lulusan bisa mengenal lebih dekat dengan dinamika industri dunia usaha.

“Kepada wisudawan, bersiaplah untuk memasuki tantangan hidup yang sebenarnya yaitu membaktikan skill dan keilmuan untuk bangsa dan negara serta berproses menjadi insan cendekia yang kompeten dan terampil,” pungkasnya. (dhe)