Hadiri Wisuda Peserta Didik SMKN 1 Sampang, Aba Idi : Lulusan Kejuruan Harus Siap Kerja dan Kompetitif

Bupati Sampang H. Slamet Junaidi saat menghadiri Purna Wiyata Peserta Didik SMKN 1 Sampang.
(Foto : Prokopim Pemkab)

SAMPANG – Bupati H. Slamet Junaidi menghadiri prosesi purna wiyata (wisuda) peserta didik kelas XII Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN 1 Sampang), Sabtu (21/5/2022).

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Cabang Disdik Provinsi Jawa Timur Kabupaten Wilayah Sampang Ali Afandi, Kepala Disdik Kabupaten Sampang Edi Subinto, Kepala SMKN 1 Sampang Budi Sulistyo dan wali murid serta peserta didik kelas XII.

Kepala SMKN 1 Sampang Budi Sulistyo menyampaikan bahwa ada sebanyak 315 peserta didik yang diwisuda pada kesempatan tersebut dari sebanyak tujuh kejuruan.

Budi menyampaikan bahwa beberapa tahun terakhir SMKN 1 Sampang menorehkan prestasi dan mengharumkan Kota Bahari di tingkat Regional.

“Lomba Kompetensi Siswa (LKS) di tingkat Jawa Timur peringkat kedua, kami berpesan kepada para peserta didik untuk menunjukkan prestasi dan karakternya serta unggul dalam kompetensi,” ucapnya.

Bupati Sampang H. Slamet Junaidi saat menyampaikan sambutan.
(Foto : Prokopim Pemkab)

Kehadiran Bupati Sampang H. Slamet Junaidi juga memberikan motivasi kepada para peserta didik Kelas XII yang telah lulus.

Pihaknya menyampaikan bahwa lulusan kejuruan memiliki kompetensi khusus yang bisa dijadikan bekal ketika lulus nanti bisa menjadi preneurship dan membuka lapangan pekerjaan.

“Keahlian yang dimiliki para lulusan SMK menjadi poin plus, jangan sampai menjadi pengangguran, kalau bisa harus menciptakan lapangan kerja dan bermanfaat untuk masyarakat,” ujarnya.

Menurut pria yang akrab disapa Aba Idi tersebut, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Sampang masih tergolong rendah sehingga diperlukan kolaborasi bersama untuk mengatasi PR tersebut.

“Walaupun kewenangan untuk SMK ada di tangan Pemprov namun kami siap mensupport dan mensinergikan sebab sebelum memasuki tingkatan SMK, para murid pasti terlebih dahulu menempuh pendidikan SMP yang kewenangannya ada di Pemerintah Daerah,” ujarnya.

Aba Idi menjelaskan jika di era kepemimpinannya memiliki program untuk masyarakat yang kurang mampu namun memiliki keinginan besar berkuliah.

“Kita memiliki Beasiswa Sahabat namanya, jadi para siswa yang lulus jangan patah semangat, silahkan lanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, Pemerintah Daerah akan selalu mensupport itu,” pungkasnya. (dhe)

Search