Hadiri Seleksi Duta Pemuda Kabupaten Sampang, Sekda : Pertahankan Gelar Juara Umum Regional

Sekdakab Sampang H. Yuliadi Setiawan saat memberikan trophy kepada pemenang.

SAMPANG – DPC PPMI (Purna Prakarya Muda Indonesia) Kabupaten Sampang bersama Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Sampang sukses menggelar Seleksi Duta Pemuda Kabupaten Sampang di Halaman Gedung Dekranasda, Senin (15/3/2021).

Hadir dalam kesempatan tersebut diantaranya Sekda Kabupaten Sampang H. Yuliadi Setiawan, Kabag Ops Polres Sampang Kompol Roycke Hendrik Fansisco.B, SIP, SIK, Kasdim 0828/Sampang Mayor Inf. Jupri, Camat se Kabupaten Sampang, Kepala OPD, Ketua KONI Sampang H. Wasik, Ketua KNPI terpilih Nurul Huda dan Ketua Organisasi Kepemudaan Kabupaten Sampang.

Ketua DPC PPMI (Purna Prakarya Muda Indonesia) Kabupaten Sampang Moh. Iqbal Fathoni dalam laporannya menyampaikan jika seluruh kecamatan ikut berpartisipasi pada pemilihan Duta Pemuda 2021.

Masing-masing Kecamatan mengirimkan empat delegasi pemuda dan pemudi untuk diseleksi di tingkat Kabupaten.

“Biasanya kita pasrahkan ke Kecamatan, namun tahun ini kita yang turun langsung ke Kecamatan maraton mencari bibit pemuda yang memiliki potensi di bidangnya,” ucap Bung Fafan.

Dari total seluruh peserta nantinya akan dipilih 3 pemuda dan 3 pemudi yang akan dikirim delegasi ke tingkat Provinsi Jawa Timur.

“Beban berat kita tanggung karena di 2020 kita meraih Juara Umum di tingkat Provinsi, kita wajib mempertahankan gelar tersebut,” tambahnya.

Melalui ajang tersebut, pihaknya berharap para Pemuda di Kabupaten Sampang akan terwadahi dan terarah ke hal-hal yang positif.

Sekdakab Sampang saat memberikan sambutan.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang H. Yuliadi Setiawan menyampaikan jika Pemilihan Duta Pemuda tersebut merupakan wujud dari eksistensi PPMI Sampang untuk ikut berperan mendorong kemajuan generasi muda.

Menurutnya Pemuda merupakan aset terbesar bangsa Indonesia yang memiliki peranan penting dan bertanggung jawab terhadap kelangsungan bangsa di masa mendatang.

Oleh karenanya, semua pihak sudah seharusnya mempersiapkan mereka sebaik-baiknya dengan memberikan berbagai kesempatan agar berkembang dan maju.

“Ajang ini kami rasa akan berdampak positif untuk menumbuhkan ekspetasi bahwa generasi muda memiliki kapasitas dan potensi untuk maju dan berprestasi terlebih pemenang nantinya akan mempresentasikan Kabupaten Sampang di tingkat Regional,” ungkapnya.

Di tengah derasnya era digital membuat generasi muda yang dikenal dengan generasi Z tumbuh dengan literasi digital sangat pesat sehingga melalui ajang ini diharapkan bisa mengarahkan mereka agar bisa memaksimalkan potensi diri ke arah yang positif.

“Siapapun yang menjadi juara diharapkan menjadi Duta Pemuda Kabupaten Sampang yang mempresentasikan nilai dan jati diri yang harus bisa menunjukkan kepada publik luas bahwa Pemuda Sampang memiliki pootensi yang besar,” tandasnya.

Adapun pemenang Pemilihan Duta Pemuda Kabupaten Sampang tahun 2021 diantaranya untuk Kategori Putra Juara 1 jatuh kepada Nuril Safah Delegasi Kecamatan Omben kemudian Juara 2 Rahmat Fajar Kecamatan Sampang dan Juara 3 Wahyu Prasetya Kecamatan Camplong.

Untuk kategori Putri Juara 1 jatuh pada Anis Safaati delegasi Kecamatan Torjun kemudian Juara 2 Riska delegasi Kecamatan Kedungdung dan Juara 3 Wahyu Delegasi Kecamatan Camplong. (dhe)