Hadiri Peresmian Gedung Bengkel Konstruksi, Bupati : Poltera Ikut Andil Meningkatkan IPM Sampang

Bupati Sampang H. Slamet Junaidi saat meninjau Gedung Bengkel Konstruksi Poltera.

SAMPANG – Politeknik Negeri Madura (Poltera) telah memiliki Gedung Bengkel Konstruksi baru setelah diresmikan oleh Dirjen Vokasi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Jum’at (9/4/2021).

Peresmian tersebut dilakukan dengan seremonial dan pemotongan pita yang diiringi dengan penandatanganan prasasti Gedung Bengkel Konstruksi.

Turut hadir pada momen tersebut diantaranya Dirjen Vokasi Kemendikbud RI Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D., Bupati Sampang H. Slamet Junaidi, Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat, Dandim 0828/Sampang beserta Forkopimda, Direktur Politeknik Negeri Madura Arman Jaya, ST. NT.

Selain itu juga hadir para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Sampang, Perwakilan Direktur Politeknik Negeri se Jawa Timur, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Sampang, Kepala Sekolah SMK di Sampang.

Direktur Politeknik Negeri Madura Arman Jaya, ST. NT. menyampaikan rasa syukurnya karena kampus yang dipimpinnya saat ini semakin berkembang seiring dengan diresmikannya Gedung Bengkel Konstruksi.

Banyak hal potensi di Pulau Madura yang harus digarap namun terkadang masih menemui beberapa kendala yang dihadapi.

“Sebagai satu-satunya Politeknik Negeri di Madura kami bertekad untuk tidak menyerah, halangan kami anggap sebagai tantangan bagaimana terus berkontribusi untuk Madura dan Sampang pada khususnya,” ucapnya.

Adapun anggaran pembangunan serta alat dan bahan praktek konstruksi di Gedung Bengkel diungkap oleh Arman Jaya jika menghabiskan sekitar 60 miliar dari alokasi Sumber Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

Di tempat yang sama, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi dalam sambutannya mengapresiasi diresmikannya Gedung Bengkel Konstruksi Baru milik Politeknik Negeri Madura (Poltera).

Hal tersebut akan menjadi motivasi untuk terus berupaya menaikkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Sampang.

“Semakin lengkapnya fasilitas akan menjadi indikator para masyarakat mengkuliahkan anaknya di Poltera, tentu jika angka anak putus sekolah berkurang dan naiknya angka yang melanjutkan ke perguruan tinggi otomatis IPM kita akan naik,” ucapnya.

Poltera dinilai jika selama ini telah memberikan banyak kontribusi kepada Pemerintah Daerah baik dari hasil karya mahasiswa dan penelitiannya.

“Pembangunan Gedung Bengkel Konstruksi Poltera patut kita syukuri, sekarang bagaimana bisa mengoptimalkan keberadaannya agar bermanfaat untuk Kabupaten Sampang khususnya mahasiswa agar semakin terasah skillnya,” ujarnya.

Pihaknya juga telah melakukan program beasiswa bagi anak berprestasi dari kurang mampu agar bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Kami harapkan Poltera terus Istiqomah, karena suatu kehormatan bagi kami Politeknik satu-satunya yang berstatus negeri ada di Sampang,” tambahnya.

Haji Idi juga menegaskan jika siswa-siswi SMA/SMK agar memilih Poltera sebagai pendidikan selanjutnya agar nantinya ketika lulus akan memajukan Kabupaten Sampang, tempat mereka dilahirkan.

Sementara itu, Dirjen Vokasi Kemendikbud RI Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D., menyampaikan jika Gedung Bengkel Konstruksi Poltera merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi Pulau Madura.

Sebab ada bengkel yang maju dan berkelas beserta alat-akatnya bahkan lebih mentereng daripada kampus-kampus lainnya.

“Gedung tersebut hanya pancingan, ikannya harus dapat, peningkatan IPM yang dijanjikan Pak Direktur harus tercapai agar Kabupaten Sampang semakin Hebat Bermartabat,” tutupnya. (dhe)