Hadiri Pelantikan DPK KNPI se Kabupaten Sampang, Wabup Haji Ab Minta Pemuda Bersatu Mengawal Program Pemerintah

Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat saat memberikan sambutan.
Foto : Prokopim Pemkab 

SAMPANG – Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat menghadiri Pelantikan pengurus Dewan Pengurus Kecamatan (DPK) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Periode 2021-2024 yang digelar di GOR Indoor Wijaya Kusuma, Senin (17/1/2022).

Hadir juga pada kesempatan tersebut Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Ketua DPD KNPI Kabupaten Sampang Nurul Huda, Ketua TP PKK Kabupaten Sampang Hj. Mimin Slamet Junaidi, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Sampang Hj. Vanny Abdullah Hidayat dan Camat se-Kabupaten Sampang.

Selain dilakukan pelantikan kepada 350 pengurus DPK KNPI se Kabupaten Sampang juga dilakukan pengukuhan pengurus Lembaga Perlindungan Terhadap Perempuan dan Anak (Lentera) KNPI Sampang.

Foto : Prokopim Pemkab

Ketua DPD KNPI Sampang Nurul Huda mengatakan jika pembentukan dan pelantikan pengurus DPK KNPI merupakan program prioritas tahun ini.

“Kami membentuk kader terbaik diorganisasi ini sebagai penyambung tongkat estafet kepemimpinan pembangunan di Sampang kedepan,” ucapnya.

Pihaknya menegaskan jika tidak ingin KNPI hanya menjadi sebuah nama organisasi kepemudaan, namun bagaimana organisasi tersebut bergerak aktif mulai dari tingkat kabupaten hingga kecamatan membentuk pemuda sampang yang produktif.

Pria yang akrab disapa Huda meminta kepada seluruh pengurus DPK di 14 kecamatan agar bisa memaksimalkan peran pemuda dalam berorganisasi di KNPI dan eka terhadap kondisi yang terjadi dilingkungan sekitar, terus bergerak melakukan kegiatan yang berdampak terhadap pemuda dan masyarakat di wilayah masing-masing.

“Misalkan ada bencana alam atau apa, wajib pengurus KNPI hadir membantu, jadilah garda terdepan menggerakkan pemuda, jangan hanya sekedar numpang nama di organisasi, buat setidaknya dalam satu atau dua tiga tahun kedepan kegiatan atau program-program yang bermanfaat bagi pemuda dan masyarakat setempat,” terang dia.

Menjadi Ketua atau pengurus di KNPI, lanjut Huda, harus kreatif. Jangan diam, apalagi menunggu imbalan untuk menggerakkan organisasi, sebab KNPI merupakan wadah untuk membentuk pemuda yang produktif dan inovatif, bukan tempat untuk mencari uang.

“Di KNPI kita kerja bhakti. Tugas kita jelas, bagaimana merubah pola pikir pemuda kedepan supaya lebih produktif. Saya yakin dengan kreatif kita bisa memunculkan ide-ide untuk membangun pemuda Sampang kedepannya dan menjadikan Sampang sebagai Kabupaten/Kota laik pemuda.

Sementara itu, Wabup Sampang H. Abdullah Hidayat dalam sambutannya mengucapkan selamat atas dilantiknya kepengurusan DPK KNPI se-Kabupaten Sampang.

Haji Ab berharap para pengurus DPK KNPI bisa bermanfaat bagi masyarakat setempat dan dapat membantu pemerintah daerah untuk mendorong kemajuan dalam berbagai bidang.

Wabup berpesan agar pengurus KNPI kecamatan dapat mempersiapkan dan membina diri menjadi generasi muda yang handal serta memiliki motivasi dan melakukan revitalisasi kemandirian pemuda.

Selain itu, KNPI sebagai wadah organisasi kepemudaan diharapkan bersatu ikut mendukung serta mengawasi program pembangunan yang dilakukan Pemerintah Daerah.

“Pemerintah siap mendukung setiap inovasi dan program-program DPD KNPI untuk membangun Kabupaten Sampang semakin maju dan berkembang sesuai dengan visi misi Sampang Hebat Bermartabat,” pungkasnya. (dhe)