Hadiri Koordinasi Bulan Imunisasi Anak, Sekdakab Komitmen Capai Target

Rapat Kordinasi Bulan Imunisasi Anak Nasional.
(Foto : Diskominfo)

SAMPANG – Sekdakab H. Yuliadi Setiyawan menghadiri Pertemuan Koordinasi dan Persiapan Pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di Kabupaten Sampang di Aula Pemda Sampang, Selasa (28/6/2022).

Turut hadir Unicef Jatim, Kemenag Sampang, Kadinkes KB, Para Camat dari masing-masing Kecamatan, sejumlah Kepala Dinas di lingkungan Pemkab Sampang yang terlibat, Kepala Puskesmas dan TP PKK Kabupaten.

Kadinkes KB, dr. Abdullah Najich mengungkapkan terjadi penurunan angka imunisasi pada anak semenjak melonjaknya kasus Covid-19 di Kabupaten Sampang pada 2021.

“Sejak pandemi covid-19 melanda Sampang pada 2021 mengalami penurunan angka imunisasi secara signifikan menjadi 15,5 %, ” terangnya.

Ia mengkhawatirkan dampak jangka panjang yang mungkin terjadi akibat penurunan tersebut, sehingga perlu dilakukan imunisasi serentak.

“Dikhawatirkan dapat terjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) yang dapat meledak suatu saat, seperti munculnya penyakit-penyakit yang dulunya bisa dikendalikan dengan imunisasi, “ujarnya.

Sementara Sekdakab H. Yuliadi Setiyawan menekankan pentingnya perlindungan bagi anak-anak dengan upaya meningkatkan kualitas kesehatannya sejak dini.

“Mari kita bergerak agar kita bisa mengelola anak-anak kita sebagaimana mereka aset kita, kita perlu ikhtiarkan agar senantiasa sehat dan menjadi penerus estafet perjuangan kita untuk membangun daerah, ” ujarnya.

“Mari kita bahu membahu melaksanakan imunisasi dengan sebaik baiknya, mulai dari Pak Camat dan Ibu PKK tolong dibantu betul pendataan anak-anak yang wajib imunisasi, lalu mulai bergerak semua yanh terlibat, gencarkan imunisasi mulai bulan agustus, mari semuanya komitmen kejar target yang telah ditentukan,” pungkasnya. (rsa)

Search