Gugus Tugas Covid-19 Imbau Masyarakat Sampang Tetap Waspada dan Patuhi Protokol Kesehatan

Jubir Satgas Covid-19 Kabupaten Sampang H. Djuwardi.

SAMPANG – Grafik penyebaran warga yang terpapar Covid-19 di Kabupaten Sampang masih terus mengalami kenaikan secara landai dan berada di angka 67 orang per hari Selasa pagi, (15/06/2020).

Jubir Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sampang H. Djuwardi menghimbau kepada masyarakat Sampang agar meningkatkan kewaspadaan untuk meminimalisir penyebaran virus yang datang dari Wuhan tersebut.

Bahkan perkembangan terakhir ada seorang dokter yang telah dinyatakan positif Covid-19 meninggal dan satu perawat yang berstatus PDP meninggal dunia.

Pihaknya mengimbau masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan agar bisa meminimalisir tingkat penyebaran Covid-19 di Sampang.

“Disiplin mematuhi protokoler kesehatan yang paling utama, seperti selalu menggunakan masker dan mengurangi pertemuan yang mengakibatkan berkumpulnya massa,” ucapnya.

Lebih lanjut, Djuwardi yang juga sebagai Kepala Dinas Kominfo meminta masyarakat untuk meningkatkan kesadaran kolektif dan kedisiplinan secara bersama-sama untuk melaksanakan protokol kesehatan karena merupakan kunci paling utama dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona covid-19.

“Oleh karena itu apabila kita sayang kepada istri dan anak cucu keluarga dan sesama, kami himbau kepada seluruh masyarakat untuk bahu membahu dan mematuhi himbauan pemerintah,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sampang Agus Mulyadi mengatakan bahwa walau kondisi saat ini memasuki new normal namun bukan berarti wabah Covid-19 tersebut sudah tidak ada.

“New normal bukan berarti Covid-19 sudah tidak ada, virus tersebut masih berkeliaran di sekitar kita oleh sebab itu perlunya meningkatkan kewaspadaan dari diri kita masing-masing dengan selalu menggunakan protokol kesehatan,” pesannya.

Menurutnya, komitmen untuk berdisiplin ada pada diri masing-masing. Hal tersebut diimbangi dengan banyaknya peraturan dan kebijakan yang telah dibuat oleh Pemerintah untuk dilaksanakan.

Kedisiplinan tersebut menurutnya harus dilakukan secara bersama-sama dengan berdiam diri di rumah, jaga jarak fisik dengan orang lain serta memakai masker jika harus ke luar rumah dan juga intens menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan rajin cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir.

Berdasarkan data Gugus Tugas Covid-19 hingga hari ini di Kabupaten Sampang ada sebanyak 516 Orang dalam Pemantauan (ODP) kemudian 24 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan 67 orang terkonfirmasi positif Covid-19. (dhe)