Gelar Penguatan Kapasitas Bunda PAUD, Haji Mimin Slamet Junaidi Dorong Pendidikan Anak Usia Dini Terlaksana Secara Optimal

Penguatan Kapasitas Bunda PAUD.
(Foto : Prokopim Pemkab (

SAMPANG – Ketua TP PKK Sampang Hj. Mimin Slamet Junaidi Wakil Ketua TP PKK Hj. Vanny Abdullah Hidayat bersama dengan Ketua Dharma Wanita Persatuan Hj. Enny Yuliadi Setiyawan menghadiri Penguatan Kapasitas Bunda PAUD tingkat Kecamatan dan Desa/Kelurahan Kabupaten Sampang Tahun 2021 di Pendopo Trunojoyo, Selasa (5/10/2021).

Kegiatan yang dilaksanakan IGTKI-PGRI Kabupaten Sampang tersebut dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sampang Edi Subinto bersama 14 Bunda PAUD dari masing-masing Kecamatan dan 14 Bunda PAUD dari Desa/kelurahan.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sampang Edi Subianto menyampaikan ucapan selamat kepada Hj. Mimin yang telah dikukuhkan menjadi Bunda PAUD oleh Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Indar Parawansa, Ia menyakini Hj. Mimin dapat memotivasi seluruh Bunda PAUD di Kabupaten Sampang untuk mewujudkan Pendidikan PAUD berkualitas.

“Saya Yakin Hj. Mimin merupakan seorang motivator handal yang mampu mendorong Bunda PAUD baik di tingkat Kecamatan maupun Desa/Kelurahan untuk lebih aktif mewujudkan pendidikan berkualitas,” ucapnya.

Kepala Dinas yang baru dilantik 5 hari lalu ini menyampaikan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini merupakan masa pendidikan vital yang menentukan bakat dan minat seorang anak sehingga perlu perhatian khusus untuk memaksimalkan kualitas pendidikan diusia ini.

“Anak PAUD ini merupakan peletakan batu pertama usia pembelajaran yang akan menentukan seorang anak akan menjadi apa nantinya, mungkin akan jadi seorang pemikir, seniman atau musisi sehingga kita perlu fokus memaksimalkan kualitas PAUD di Kabupaten Sampang,” ujarnya.

Berdasarkan pemaparannya Kabupaten Sampang memiliki 720 lembaga PAUD yang berada di 14 kecamatan, oleh karenanya kehadiran dari masing masing Desa dan Kecamatan menjadi inspirasi bersama bagi lembaga PAUD di masing masing wilayah.

“Saya harap Bunda PAUD yang hadir hari ini dapat menjadikan kegiatan ini sebagai inspirasi untuk mewujudkan lembaga PAUD yang berkualitas, agar anak usia dini ini kita siapkan untuk menghadapi pendidikan ditingkat selanjutnya, ” tegasnya.

Disisi lain Hj. Mimin menyampaikan bahwa Bunda PAUD memiliki peran strategis untuk terwujudnya Pendidikan berkualitas di Kabupaten Sampang karena masa PAUD merupakan masa emas untuk menggali potensi anak, sehingga penting untuk mengoptimalkan eksistensi Bunda PAUD.

“Penting untuk mengoptimalkan eksistensi Bunda PAUD, kita memiliki peran strategis untuk kemajuan pendidikan di Kabupaten Sampang, tidak semata untuk lancar calistung melainkan masa emas bagi anak kita yang tidak akan terulang, ” Tegasnya.

Ketua TP PKK mengajak Bunda PAUD di Kabupaten Sampang untuk memaksimalkan Pendidikan Anak Usia Dini dengan merangkul seluruh stake holder yang terlibat.
“Mari kita rangkul semua stake holder untuk mewujudkan PAUD berkualitas, kita maksimalkan untuk menggerakkan sejumlah komponen di wilayahnya, ” Pesan Ketua TP PKK.

Ia meminta Bunda PAUD mampu melaksanakan Program Kerja dengan terukur agar mampu memaksimalkan potensi bakat dan keunggulan di masing-masing PAUD.

“Kita harus memastikan bahwa semua terlaksana secara terukur dan memaksimalkan potensi bakat dan keunggulan masing masing, “tandanya.

Ia menyampaikan bahwa kedepannya terwujud targetsatu desa satu PAUD yang merata di seluruh Kabupaten Sampang untuk mewujudkan SDM Berkualitas kedepannya.

“Mari Bunda sama sama kita kawal Pendidikan Anak Usia Dini di Sampang, target satu desa satu PAUD menyeluruh di Kabupaten Sampang. Hal ini sangat penting bagi percepatan di kabupaten sampang demi terciptanya SDM berkualitas Wujudkan Sampang Hebat Bermartabat,” tutupnya. (rsa/dhe)