FSS Sukses Gelar Festival Kabupaten Hebat, Wabup Sampang Serahkan Penghargaan Kepada Para Pemenang

Resepsi Festival Kabupaten Hebat yang diselenggarakan oleh FSS.
(Foto : Prokopim Pemkab)

SAMPANG – Forum Sampang Sehat (FSS) menggelar Resepsi Festival Kabupaten Hebat, di Pendapa Trunojoyo, Kamis (11/10/2021).

Resepsi Festival Kabupaten Hebat turut dihadiri oleh Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat, Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang H. Yuliadi Setiawan, Wakil Ketua TP PKK Sampang Hj. Vanny Abdullah Hidayat, Seluruh Kepala OPD dan Camat, Ketua Forum Sampang Sehat Siti Farida bersama Pengurus.

Ketua Forum Sampang Sehat Siti Farida menyampaikan bahwa tujuan digelarnya Festival Kabupaten Hebat untuk membudayakan perilaku bersih dan sehat dimulai dari perkantoran pemerintah baik di tingkat Kabupaten.

Pelaksanaan Festival Kabupaten Hebat diikuti sebanyak 25 Organisasi Perangkat Daerah dan 14 Kecamatan yang terbagi dalam dua tahap.

Tahap pertama dimulai dari 30 Agustus 2021 hingga 3 September 2021 yang merupakan tahap insidentil dan kemudian dilanjutkan tahap kedua merupakan tahap perbaikan dari tahap pertama dimulai 20 – 24 September 2021.

“Di tahap pertama, kita sengaja melakukan penilaian tanpa ada pemberitahuan kemudian di tahap kedua barulah dilakukan evaluasi perbaikan oleh para OPD, cakupan yang dinilai mulai dari perkantoran, musholla dan kamar mandi,” ungkapnya.

Selama satu dasawarsa, Sampang telah meraih dua kali predikat sebagai Kabupaten Sehat yang pertama pada tahun 2012 Kabupaten Sehat Padapa kemudian di tahun 2019 Kabupaten Sehat Swasti Saba Wiwerda.

“2023 target kami bersama Pemerintah Daerah dan para stakeholder bisa meraih Kabupaten Sehat Swasti Saba Wistara yang merupakan penghargaan tertinggi dari Kemenkes Republik Indonesia,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat menyampaikan apresiasinya kepada FSS yang telah memprakarsai Festival Kabupaten Hebat sebagai salah satu ikhtiar untuk membudayakan Perilaku Bersih dan Sehat.

Kabupaten Sehat tidak boleh sekedar berfungsi pada tataran predikat predikat saja namun harus menjadi prinsip gaya hidup yang diterapkan oleh seluruh masyarakat.

Oleh sebab itu momentum Festival Kabupaten Hebat sangat penting untuk menjadi motivasi agar menjalankan perilaku Bersih dan Sehat.

“Festival Kabupaten Hebat juga diharapkan menjadi inspirasi untuk menciptakan tatanan perkantoran yang sehat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sampang,” ucapnya.

Pihaknya juga berpesan agar fasilitas Musholla yang ada di Kantor Organisasi Perangkat Daerah khususnya yang menangani pelayanan publik agar dijaga.

“Kami ada laporan dari warga, bahwa Musholla di OPD tertentu tidak bisa digunakan saat hujan karena kondisi plafon bocor, ini menjadi atensi, laporkan kepada kita agar segera dilakukan perbaikan,” tegasnya.

Pihaknya juga berpesan kepada para Kepala OPD dan Camat agar terus menjaga kebersihan walaupun Festival Kabupaten Hebat telah selesai.

“Kebersihan dan kelestarian lingkungan bukan hanya ketika ada penilaian saja, mari terus budayakan lingkungan yang bersih dan sehat menuju penghargaan Swasti Saba Wistara,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, para pemenang baik dari kategori terbersih maupun terburuk di tingkat OPD dan Kecamatan mendapat penghargaan pada kesempatan tersebut. (dhe)