Forkopimda Tinjau Kampung Tangguh yang Menyabet Juara Satu di Sampang

Kepala Desa Bancelok H. Taufiq menerima potongan tumpeng dari Bupati Sampang H. Slamet Junaidi.

SAMPANG – Setelah sebelumnya menyabet Juara 1, Kampung Tangguh Semeru di Desa Bancelok, Kecamatan Jrengik ditinjau oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Sampang, Selasa (14/07/2020).

Turut ikut dalam rombongan diantaranya Bupati Sampang H. Slamet Junaidi, Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat, Kapolres Sampang AKBP Didit BWS, S.I.K, Dandim 0828 Letkol Arm Mulya Yaser Kalsum, Kajari Sampang Maskur, S.H., M.H.

Pantauan di lapangan, penyambutan rombongan Forkopimda berlangsung sangat luar biasa dari masyarakat dan pengurus serta perangkat Desa di Bancelok Kecamatan Jrengik.

Kepala Desa Bancelok Moh. Taufiqurrahman, S.Ag., M.Pd.I menyampaikan bahwa pihaknya betul-betul serius dalam mempersiapkan pembentukan Kampung Tangguh Semeru Covid-19.

“Terimakasih atas penobatan Juara 1 kepada Kampung Tangguh di Desa Bancelok, alhamdulilah ini semua hasil kerja keras rekan-rekan seluruh pengurus yang bekerja keras,” ucapnya.

Dijelaskan olehnya dalam pembentukan Kampung Tangguh ditujukan agar meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap wabah Covid-19.

“Kampung Tangguh yang kami bentuk tidak ingin sekedar ada saja namun diharapkan memberikan manfaat dan pemahaman bahaya Covid-19 sehingga meminimalisir penyebaran Covid-19 di Desa kami,” ungkapnya.

Bahkan pihaknya juga telah membentuk sebanyak 7 divisi yang bertugas diantaranya Divisi Pangan, Informatika, Pemulasaran Jenazah, Kesehatan, Isolasi, Ketertiban dan Keamanan dan juga menyediakan Ruang Alat Pelindung Diri.

Dandim 0828 Letkol Arm Mulya Yaser Kalsum menyampaikan bahwa dari sekian tempat yang dikelilingi, Kampung Tangguh di Desa Bancelok merupakan paling memukau dan terbaik.

“Ini the best sekali bapak ibu, segala halnya memang betul-betul dipersiapkan dengan baik dan sungguh-sungguh sesuai dengan tujuan dibentuknya Kampung Semeru,” ucapnya.

Pihaknya juga berpesan kepada pengurus Kampung Tangguh di Desa Bancelok untuk tetap semangat dan tidak jenuh untuk memberikan pemahaman bahaya Covid-19 kepada masyarakat.

“Para pengurus menjadi panutan bagi masyarakat, harus bisa mempelopori dan tauladan utamanya selalu memakai masker dan selalu menggunakan protokol kesehatan serta hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Disela kunjungannya, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi takjub ketika meninjau lokasi Kampung Tangguh Semeru di Desa Bancelok.

Sebab, menurutnya segala hal yang menjadi landasan untuk keberadaan Kampung Tangguh sudah dilengkapi dan dipersiapkan dengan matang di Bancelok.

“Sangat lengkap hingga ruang isolasi diripun juga ada, termasuk pemulasaraan Jenazah dan ruang sterilisasi Alat Pelindung Diri, semoga menjadi contoh bagi desa lain,” pungkasnya. (dhe)