Forkopimda Kompak Hadiri Aksi Penanaman 8000 Pohon di Jrangoan

Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Sampang bersama Kepala Desa Jrangoan.

SAMPANG – Sebagai bentuk sikap peduli akan penghijauan di wilayah Sampang khususnya di pedesaan, jajaran Forkopimda setempat kompak menghadiri kegiatan penanaman 8.000 pohon di Desa Jrangoan, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang, Senin (09/03/2020).

Kegiatan tersebut digelar oleh Pemerintah Desa Jrangoan dalam rangka persiapan mengikuti Lomba Desa Bersih, Sehat dan Lestari (Berseri) di Tingkat Provinsi Jawa Timur.

Turut hadir dalam momen tersebut diantaranya Bupati Sampang H. Slamet Junaidi, Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Tokoh Agama dan Masyarakat setempat.

Kepala Desa Jrangoan H. Ali Mustofa menyampaikan jika kegiatan tersebut terlaksana berkat kerjasama antara Pemerintah Desa dan masyarakat serta bantuan bibit dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Brantas Mojokerto.

Bibit tersebut diharapkan bisa membuat Desa lebih berseri karena ada berbagai macam jenis yang akan ditanam di sekitar Jrangoan.

Selain itu, kegiatan penanaman pohon itu diupayakan untuk meneguhkan komitmen bersama masyarakat dalam hal pelestarian lingkungan.

“Jika sebelumnya Jrangoan hanya dikenal karena Pondok Pesantrennya, kita ingin juga tersohor karena prestasinya yang akan mewakili Sampang di tingkat Jawa Timur,” tukasnya.

Sementara itu, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi mengapresiasi langkah nyata yang dilakukan oleh Kepala Desa Jrangoan, kegiatan penanaman pohon seperti itu tentunya akan memberikan dampak positif bagi kehidupan masyarakat.

Tak hanya itu, banjir yang terjadi di perkotaan Sampang menurutnya disebabkan curah hujan yang tinggi di daerah Sampang Utara dan Tengah artinya perlu dilakukan penanaman bibit yang banyak untuk resapan air.

“Jadi tak hanya di Sampangnya tapi di daerah Omben juga harus dilakukan upaya untuk menanggulangi banjir, salah satu upayanya dengan melakukan penanaman ribuan bibit pohon ini,” ucapnya.

Dalam hal mewakili Sampang di ajang Pemilihan Desa Berseri, pihaknya memberikan support baik moril maupun dukungan segala halnya yang dibutuhkan bagaimana utusan dari Sampang nantinya mampu mengukir prestasi.

“Desa-Desa di Sampang harus mampu berinovasi, jika butuh apapun kita sangat terbuka 24 jam, diskusikan nanti kita carikan solusinya, pasti kita support,” pungkasnya.

Setelah itu, acara tersebut kemudian ditutup dengan penanaman pohon secara massal oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Sampang bersama masyarakat di Desa Jrangoan. (dhe)