Dorong Peningkatan Kualitas Manajemen Kinerja, Pemkab Sampang Gelar Sosialisasi Reformasi Birokrasi dan SAKIP

Bupati Sampang H. Slamet Junaidi bersama Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat dan Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang H. Yuliadi Setiawan.

MOJOKERTO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang menggelar kegiatan Sosialisasi Reformasi Birokrasi dan SAKIP Perangkat Daerah Kabupaten Sampang 2021, di Trawas, Kabupaten Mojokerto selama tiga hari, (2-4/3/2021).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Bupati Sampang. Slamet Junaidi, Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat, Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang H. Yuliadi Setiawan, Seluruh Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD dan Camat di lingkungan Pemkab Sampang.

Kepala Bagian Organisasi Pemkab Sampang selaku Ketua Panitia Imam Sanusi dalam laporannya mengungkapkan jika jumlah peserta kegiatan sosialisasi tersebut sebanyak 270 orang.

“Seluruh pimpinan OPD kami undang dengan membawa Sekretaris serta Kepala Bidang, tujuannya menyatukan persepsi serta program sesuai dengan visi misi Kepala Daerah untuk meningkatkan kualitas manajemen kerja dan nilai SAKIP,” ujarnya.

Adapun narasumber yang hadir memberikan arahan pada kegiatan tersebut diantaranya akademisi dari Universitas Brawijaya kemudian Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur serta Bapak Bupati Sampang H. Slamet Junaidi.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sampang H. Yuliadi Setiawan menyampaikan jika perlunya dilakukan optimalisasi kinerja reformasi birokrasi dan SAKIP Perangkat Daerah untuk mewujudkan visi misi Sampang Hebat Bermartabat.

Kinerja Birokrasi Pemerintahan menurutnya tak akan lepas dari implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) sebab melalui sistem tersebut akan menjamin setiap anggaran pemerintahan dan pembangunan benar-benar bermanfaat.

“Seluruh program kerja OPD dapat diidentifikasi dan dievaluasi secara berkelanjutan sehingga jika ada yang belum selaras dengan prioritas visi pembangunan maka akan dikoreksi, melalui SAKIP, kinerja OPD juga akan lebih terukur karena berorientasi pada hasil,” ungkapnya.

Pihaknya juga memastikan adanya sinergitas seluruh Organisasi Perangkat Daerah sehingga visi dan misi serta tujuan dari sasaran sebagai tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tercapai.

“Sinergi tak hanya sama-sama bekerja namun menyatukan persepsi, saling support bahwa keberhasilan kita dalam mencapai outcome kinerja bukan hanya keberhasilan pribadi namun keberhasilan Kabupaten Sampang keseluruhan,” ujarnya.

Pria yang akrab disapa Wawan itu mengingatkan kepada seluruh peserta sosialisasi karena pentingnya fungsi SAKIP oleh sebab itu diharapkan agar menyimak pemaparan dari narasumber dengan baik.

“Saya tekankan bahwa dalam bersinergi OPD harus koordinatif, kolaboratif dan terfokus karena tanpa semua itu mustahil outcome kinerja kita akan sukses,” ujarnya.

Pihaknya menekankan bahwa nilai SAKIP yang awalnya B ditargetkan untuk naik tingkat menjadi A, oleh sebab itu dibutuhkan kerjasama seluruh pihak untuk mencapai target tersebut.

Di tempat yang sama, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi menyampaikan jika kesempatan bertemu ratusan pejabat mulai dari Kepala Dinas hingga ke tingkat Kepala Bidang sudah lama direncanakan untuk menyatukan persepsi dan tujuan arah visi misi Hebat Bermartabat.

Haji Slamet Junaidi juga mengungkapkan bahwa selama ini ada permasalahan di beberapa OPD misalnya antara Kadis dengan Kabid tidak sepaham, terkadang Kabid dengan Kasinya tidak sejalan.

“Saya minta setelah pertemuan ini ada kebersamaan bagaimana membangun Sampang, kita tidak boleh memposisikan sebagai pejabat pemerintahan tapi harus memposisikan sebagai pelayan masyarakat,” tutupnya. (dhe)