Ditemui Sekda, Siswa Siswi SMPN 1 Belajar Kelembagaan di Pemkab Sampang

SAMPANG (Diskominfo) – Puluhan siswa-siswi dari SMPN 1 Sampang melakukan pembelajaran kelembagaan dengan mendatangi Sekretariat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang, Rabu (31/3/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Sekdakab H. Yuliadi Setiawan. S.Sos, MM. sekaligus Ketua Dewan Pengurus KORPRI, Asisten Administrasi Umum, beberapa Kepala OPD, Kepala Sekolah SMPN 1 Sampang, Perwakilan Guru, serta Siswa dan Siswi SMPN 1 Sampang.

Kepala Sekolah SMPN 1 Sampang, Drs. Teguh Suparianto MM.Pd menyampaikan bahwa hadirnya siswa-siswinya di aula Pemkab dilatarbelakangi karena pendidikan bukanlah tanggungjawab sekolah sepenuhnya, melainkan tanggungjawab bersama mulai dari orang tua / wali murid, masyarakat, dan Pemerintah.

Pemerintah telah memberikan saran untuk melakukan penyederhanaan kurikulum akan tetapi pada kenyataannya tugas dari Siswa tetap sama bahkan selama Pandemi Covid-19, pembelajaran dibagi menjadi dua yaitu daring dan tatap muka mengingat Kabupaten Sampang telah memasuki zona kuning.

“Siswa tetap mendapat tugas banyak bahkan ketika pembelajaran secara online,” ungkapnya.

Sasaran dari diselenggarakan acara ini yaitu penjelasan dari Bapak Sekda terkait bagaimana kelembagaan Eksekutif dalam menjalankan tugas.

Sementara itu, Sekdakab H. Yuliadi Setiawan, S.Sos, MM. menyampaikan jika statement dari Kepala Sekolah benar adanya bahwa pendidikan bukanlah tanggungjawab pribadi.

Dengan diadakannya audiensi tersebut diharapkan Siswa Siswi mengetahui bagaimana rapat yang diselenggarakan Lembaga Eksekutif.

“Apa yang dikatakan Kepala Sekolah SMPN 1 Sampang memang benar, mendidik bukanlah tanggungjawab sendiri,” ujarnya.

H. Yuliadi Setiawan juga menyampaikan bahwa Pemerintah mulai dari tingkat Desa hingga Kabupaten melakukan sistem Demokrasi.

Semua perangkat mulai dari Bupati hingga Kepala OPD membutuhkan tes uji kompetensi yang selanjutnya dipilih Bupati Sampang.

Beliau juga menegaskan bahwa seluruh pimpinan mulai dari Sekretaris Daerah hingga Kepala Desa hanyalah pembantu Bupati Sampang dalam mewujudkan Visi dan Misi daerah. (fza/dhe)