Dihadiri Puluhan Pengrajin, Ketua Dekranasda Sampang Buka Pelatihan Teknis Dasar Pewarnaan Batik

Ketua Dekranasda Sampang Hj. Mimin Slamet Junaidi saat menyampaikan sambutan.
(Foto : Prokopim Pemkab)

SAMPANG – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sampang Hj. Mimin Slamet Junaidi membuka Pelatihan Teknis Dasar Pewarnaan Batik di Hotel Panglima, Sampang, Senin (7/6/2021).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut diantaranya Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sampang Dra Hj Suhartini Kaptiati,
Instruktur Pelatihan Ringkel Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB) Kementrian Perindustrian RI.

Pembukaan Pelatihan Teknis Dasar Pewarnaan Batik.
(Foto : Prokopim Pemkab)

Kegiatan yang diikuti oleh 50 peserta berasal dari pengrajin dan wirausaha baru akan berlangsung sejak 7-12 Juni 2021.

Ketua Dekranasda Sampang Hj. Mimin Slamet Junaidi mengapresiasi positif keberadaan pengrajin batik yang selama ini memiliki kontribusi positif selama ini.

Pihaknya juga mengungkapkan banyak pengrajin yang merasakan dampak Pandemi Covid-19 salah satunya dalam hal pemasaran produk.

Hal tersebut menjadi perhatian bagi Dekranas pusat maupun daerah namun problematika tersebut diharapkan tidak mematikan kreatifitas dan inovasi pengrajin di Sampang.

Pelatihan yang dilakukan saat ini yaitu teknik dasar membatik menurutnya menghadirkan instruktur yang merupakan master desain batik dan pewarnaan sintetis maka diharapkan peserta dapat menyerap ilmu sebanyak-banyaknya.

“Kami berharap akan muncul banyak pengrajin-pengrajin batik dari setiap pelosok daerah yang menghasilkan karya seni bernilai tinggi serta menjadi kebanggaan Kabupaten Sampang,” ucapnya.

Di masa yang akan datang, pihaknya juga berharap embrio pengrajin batik yang ada di setiap daerah seharusnya dapat menjadi motivator bagi pengrajin batik yang baru untuk muncul untuk dapatnya memberikan dampak bagi perekonomian lokal.

Di akhir, pihaknya mengingatkan mengingatkan kepada pengrajin dan pelaku usaha industri kerajinan batik untuk kreatif dalam menciptakan produk unggulan yang dapat dibanggakan baik di dalam maupun di luar daerah.

Sekedar diketahui, dalam kesempatan tersebut juga diperlihatkan batik yang nantinya akan dikenakan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) Sampang.(dhe)