Deretan Prestasi dan Kebudayaan Kabupaten Sampang Meriahkan Malam Resepsi Hari Jadi ke 398

Foto : Prokopim Pemkab

SAMPANG – Malam Resepsi sebagai puncak dari Peringatan Hari Jadi Kabupaten Sampang ke 389 berlangsung meriah di GOR Indoor, Kabupaten Sampang, Kamis (23/12/2021).

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Bakorwil Madura, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi, Bupati Pamekasan H. Baddrut Tamam, Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat, Wakil Bupati Bangkalan Drs. Mohni, Wakil Bupati Sumenep Hj. Dewi Khalifah, SH, MH.

Ketua TP PKK Sampang Hj. Mimin Slamet Junaidi, Wakil Ketua TP PKK Hj. Vanny Abdullah Hidayat, Ketua DWP Sampang Hj. Enny Yuliadi Setiawan, Camat se Kabupaten Sampang, Kepala OPD se Kabupaten Sampang.

Pantauan di lapangan, malam resepsi yang dilaksanakan secara terbatas sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19, namun tetap tidak mengurangi dari kekhidmatan dan kesakralan acara tersebut, masyarakat pun dapat mengikuti kegiatan itu melalui live streaming kanal YouTube Kabupaten Sampang.

Foto : Prokopim Pemkab

Malam resepsi tersebut menampilkan berbagai tradisi dan kebudayaan Kabupaten Sampang mulai dari Tari Malate Satoor, Nyelo’ Aeng, Fashion Batik khas Sampang serta Soto Madura.

Tak hanya itu, pada Hari Jadi ke 398 semakin spesial karena mengalir ucapan selamat dari berbagai kepala daerah di Madura maupun Jawa Timur hingga Gubernur Khofifah Indar Parawansa.

Selain itu juga dilakukan penayangan kilas balik sejumlah Penghargaan yang berhasil diraih Bupati Sampang sepanjang 2021 mulai dari Penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 3 kali berturut turut dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) dengan Predikat Pratama, Penghargaan Nomor Induk Koperasi Terbaik ke-3 Jawa Timur.

Kemudian Penghargaan Open Defication Free (ODF) sebagai Kabupaten Bebas Buang Air Besar (BAB) Sembarangan dari Gubernur Jawa Timur, Terbaik ke-2 se-Jawa Timur Monitoring Centre for Prevention serta Penghargaan Jatim Covid-19 Heroes kategori Kumulatif terkonfirmasi terendah dan turut serta berhasil dalam penyelesaian konflik Sunni-Syiah di Sampang.

Dalam sambutannya, Bupati Sampang H Slamet Junaidi mengajak masyarakat senantiasa guyub rukun, hidup berdampingan bersama-sama dan membantu mewujudkan Kabupaten Sampang yang damai, aman dan tentram menuju Sampang Hebat Bermartabat.

Pada momentum Hari Jadi ke 398, pihaknya mengajak bangkir bersama dalam menghadapi dan memerangi pandemi Covid-19 yang sudah hampir 3 tahun melanda kehidupan sosial masyarakat.

Pandemi Covid-19 menurutnya sangat berdampak pada program pemerintah tertunda, namun Bupati Sampang memastikan merampungkan Jalan Lingkar Selatan yang sudah direncanakan sejak tahun 2007 akan selesai di Tahun 2022.

Selain itu, pihaknya juga mempunyai rencana untuk merelokasi RSUD dr. Mohammad Zyn agar menjadi rujukan Rumah Sakit seluruh Madura sebab Pemkab Sampang memiliki tanah kosong sekitar 13 hektar.

“Kami mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama membangun Sampang, kemajuan Kabupaten Sampang ada di pundak kita semua dengan porsi dan kemampuan masing-masing. Ayo berkontribusi untuk kemajuan daerah yang kita cintai ini,” tegasnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga meminta kepada Sekretaris Daerah beserta seluruh jajaran ASN untuk membuat program-program yang bermanfaat bagi masyarakat.

Diakhir sambutannya H.Idi panggilan akrab Bupati Sampang sempat melantunkan sebuah pantun yang mengundang gelak tawa para hadirin yang hadir.

“La’ pala’ taon lebet neng Sampang, ke Sampang melleahbuje, selamat olang taon Kabupaten Sampang, samogeeh Sampang paggun parjugeh,” pungkasnya.

Malam Resepsi diakhiri dengan pemberian penghargaan dan hadiah kepada para pemenang lomba maupun kompetisi dari berbagai bidang serta para atlet asal Kabupaten Sampang yang berprestasi oleh Bupati H. Slamet Junaidi. (dhe)