Catat, Berikut Rangkaian Kegiatan Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 77 di Kabupaten Sampang

Bupati Sampang H. Slamet Junaidi saat menjadi inspektur upacara peringatan detik-detik proklamasi.
(Foto : Prokopim Pemkab)

SAMPANG – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia di tingkat Kabupaten Sampang akan kembali meriah, berbeda dengan dua tahun terakhir yang dikemas sederhana karena Pandemi Covid-19 masih tinggi.

Hal tersebut merujuk pada Surat Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) RI tentang Penyampaian Tema, Logo, dan Partisipasi Menyemarakkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI yang salah satu poinnya adalah menyelenggarakan program dan kegiatan, baik secara daring maupun luring untuk menyemarakkan bulan kemerdekaan.

Sekdakab Sampang ditemani Kepala OPD terkait saat memberikan keterangan kepada awak media.
(Foto : Diskominfo Sampang)

Saat menyampaikan pers release, Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang H. Yuliadi Setiyawan menyampaikan untuk menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI, Pemkab Sampang akan menggelar beberapa rangkaian kegiatan dan lomba.

Lomba dalam waktu dekat yang akan digelar yakni Gerak Jalan tingkat SD pada 10 Agustus 2022 dan berlanjut tingkat SMP, SMA dan Umum pada 11 Agustus 2022.

Kegiatan berlanjut pada 16 Agustus 2022 yaitu mendengarkan pidato kenegaraan dan pidato penyampaian RUU APBN tahun 2023 di Graha Paripurna bersama Forkopimda dan DPRD Sampang.

Pihaknya menambahkan jika pada 17 Agustus dinihari juga akan melakukan apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan Kusuma Negara Sampang.

Pagi harinya tepat pukul 10.00 WIB akan digelar upacara peringatan detik-detik proklamasi di Pendapa Trunojoyo dan diikuti penurunan bendera pada pukul 17.00 WIB dan diakhiri Resepsi HUT RI pada malam harinya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang H. Yuliadi Setiyawan menyampaikan jika saat ini Pandemi Covid-19 mulai melandai walaupun tidak sepenuhnya usai.

“Kami tidak menggelar banyak lomba, terfokus di Gerak Jalan namun antusiasnya luar biasa dari masyarakat terbukti banyaknya pendaftar dari berbagai kategori,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Sekdakab Sampang menjelaskan jika Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang bertugas sebanyak delapan orang dari unsur pelajar karena masih adanya Pandemi Covid-19.

“Tahun lalu saat perencanaan anggaran tidak ada yang bisa menjamin jika tahun ini bisa digelar upacara secara luring sehingga kami hanya menganggarkan untuk delapan orang, semoga tahun depan bisa digelar dengan formasi lengkap,” ujarnya.

Walaupun demikian, pihaknya berharap hal tersebut tidak mengurangi khidmatnya kegiatan peringatan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 77 di Kabupaten Sampang.

“Saya berharap seluruh rangkaian kegiatan berjalan lancar dengan gotong royong kerjasama dan kekompakan para panitia serta dukungan dari seluruh pihak dan masyarakat untuk menyemarakkan bulan kemerdekaan ini,” tutupnya. (dhe)

 

 

Search