Cangkruan Bersama Pelajar dan Warga, Cara Bakesbangpol Bumikan Pancasila di Kabupaten Sampang

Sekdakab Sampang H. Yuliadi Setiyawan saat menyampaikan pesan kepada pelajar.
(Foto : Diskominfo Sampang)

SAMPANG – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Sampang menggelar Cangkruan bersama para pelajar dan masyarakat di Kelurahan Dalpenang, Sampang, Senin (9/8/2022).

Kegiatan cangkruan yang digagas dengan Jejaring Panca Mandala (JPM) tersebut mengambil tema membumikan Pancasila dan dihadiri oleh Sekdakab Sampang H. Yuliadi Setiyawan, Forkopimcam Sampang Kota, Kepala Bakesbangpol, Kasatpol PP dan Lurah se Kecamatan Sampang.

Hadir juga dalam kesempatan tersebut sepasang turis asal Spanyol Hugo dan Isa yang sedang melakukan kunjungan wisata ke Kabupaten Sampang.

Kepala Bakesbangpol Sampang Anang Djoenaidi menyampaikan bahwa pihaknya saat ini memiliki program untuk membumikan Pancasila bersama JPM dengan dinamai Cangkruan.

Pihaknya sengaja mengemas kegiatan tersebut secara semi formal dengan konsep lebih terfokus kepada diskusi agar terjadi interaktif antara narasumber dan peserta.

Menurutnya, nilai patriotisme dan nasionalisme harus dibangun sejak dini hingga menjadi suatu nilai yang terus melekat dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sampang Yuliadi Setiyawan mengapresiasi kegiatan yang digelar untuk menambah wawasan tentang Pancasila.

Pihaknya menghimbau bahwasanya dalam membangun Pancasila itu perlu dilakukan di semua lapisan masyarakat sehingga butir-butir yang tertuang pada nilai-nilai Pancasila dapat diimplementasikan dengan baik di tengah kehidupan bermasyarakat.

“Di tengah berkembangnya jaman digital, ada beberapa hal yang merubah kebiasaan, kepedulian dan gotong royong di tengah masyarakat sudah tidak seperti dulu sehingga perlunya nilai-nilai Pancasila ini disosialisasikan bersama kepada lapisan masyarakat,” pungkasnya. (dhe)

Search