Bupati Sampang Tanam Mangrove Bersama Wartawan dan Relawan Lingkungan

Bupati Sampang menanam bibit Mangrove di Pesisir Taddan.

SAMPANG – Bupati Sampang H. Slamet Junaidi bersama para relawan lingkungan melakukan aksi bersih-bersih pantai dan penanaman mangrove di sekitar pesisir Taddan, Kecamatan Camplong, Minggu (09/02/2020).

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional ke 74 yang dimotori oleh Lintas Media Sampang (LMS) dan mendapatkan atensi dari banyak pihak.

Pantauan di lapangan, Bupati Sampang tak canggung untuk turun langsung ke pesisir membersihkan sampah dan menanam bibit mangrove yang dibarengi dengan puluhan relawan lingkungan.

Menurutnya kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kelestarian alam, karena fungsi mangrove bukan hanya untuk menghindari erosi dan abrasi, namun juga penting bagi kelangsungan hidup habitat satwa bawah laut.

Kedepan, ajang seperti ini diharapkan terus digalakkan dan tak hanya menjadi ajang seremonial belaka karena dalam perkembangannya masyarakat sekitar harus dapat bersinergi dengan pemerintah untuk terus dapat menjaga kelestarian mangrove di pesisir pantai.

“Saya mengapresiasi kegiatan penanaman mangrove ini karena merupakan hal yang positif untuk kelestarian lingkungan, kerja nyata dan inovasi para pemuda ini akan kita dukung karena juga harus ada kehadiran dari pemerintah,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Lintas Media Sampang (LMS) Hernandi Kusumahadi menyampaikan jika kegiatan bakti sosial bersih-bersih merupakan hal rutin yang telah digalakkan bersama unsur kepemudaan dan relawan lingkungan.

“Menciptakan lingkungan bersih sama halnya dengan menjaga kebersamaan dan persatuan gotong royong di tengah masyrakat artinya ada filosofi positif dari kegiatan kecil yang mempunyai dampak jangka panjang ini,” ucapnya.

Sekedar diketahui, aksi tersebut diikuti oleh unsur kepemudaan mulai dari Relawan Trash Hero, Karang Taruna, Paguyuban Kacong Jebbing, TRC BPBD, dan turut dihadiri oleh Kapolres Sampang AKBP Didit BWS, S.I.K. (dhe)