Bupati Sampang Sebut KNPI Memiliki Peran Sentral Dalam Mengawal Pembangunan Daerah

Bupati Sampang H. Slamet Junaidi saat memberikan sambutan.
(Foto : Prokopim Pemkab)

SAMPANG – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Sampang, Madura periode 2021-2024 secara resmi telah dilantik, Rabu (15/09/2021) malam.

Pelantikan tersebut dilakukan langsung oleh Ketua DPW KNPI Jawa Timur M. Nur Arifin di Pendapa Trunojoyo Sampang.

Hadir pada kegiatan tersebut diantaranya Bupati Sampang H. Slamet Junaidi, Wakil Bupati Sampang H Abdullah Hidayat, dan Sekdakab Yuliadi Setiawan serta Forkopimda.

Turut hadir pula Ketua GP Ansor Sampang, Khoiron Zaini, perwakilan Organisasi Kepemudaan (OKP) dan organisasi kemasyarakatan (Ormas) dan para undangan lainnya.

Ketua DPD KNPI Jatim, Bupati Sampang, Ketua DPD KNPI Sampang dan Wakil Bupati Sampang.
(Foto : Prokopim Pemkab)

Ketua DPD KNPI Kabupaten Sampang Nurul Huda mengatakan, jika kedepannya pihaknya bertekat berkolaborasi dan merangkul semua organisasi kepemudaan di Kabupaten Sampang.

Mulai dari tingkat kabupaten hingga pelosok desa, sesuai dengan apa yang menjadi komitmen bersama, mengingat para pemuda di Kabupaten Sampang banyak yang memiliki potensi.

“Kita akan membentuk dewan pengurus kecamatan di seluruh Kecamatan se Kabupaten Sampang, target kita akhir 2021 pengurus di kecamatan terbentuk,” ujarnya.

Nurul Huda juga menyampaikan apresiasi mulai dari sektor pembangunan, sektor kesehatan dan sektor yang lainnya, karena selama ini Kabupaten Sampang sudah mulai banyak kemajuan.

“Perlu kita apresiasi, bukan malah mencaci maki dan menyebar fitnah. Kami akan ada di garda terdepan untuk membela apa yang telah dilakukan Bupati Sampang,” ucapnya.

Tak hanya itu, tutur Nurul Huda, pihaknya akan ada di barisan terdepan untuk melawan orang-orang yang menghambat pembangunan di Kabupaten Sampang.

“Kami akan melawan orang-orang yang memfitnah Bupati Sampang. Karena, hal tersebut bukanlah sifat seorang pemuda. Kami menyakini Bupati tidak anti terhadap kritik, melainkan pemuda harus disampaikan dengan sopan dan santun,” tuturnya.

Nurul Huda juga menyampaikan, sesuai komitmen pihaknya akan merangkul semua organisasi, karena pemuda di Sampang banyak memiliki potensi. Terbukti, pada tahun 2019-2020 pemuda di Sampang menjadi perwakilan tingkat nasional, yaitu pemuda pelopor.

Dikesempatan yang sama Ketua DPD KNPI Provinsi Jawa Timur H. Mochammad Nur Arifin menyampaikan, ia berharap kepada DPD KNPI Sampang mendukung visi misi Bupati dan Wakil Bupati Sampang.

“Saya tidak perlu menyampaikan banyak hal, intinya dukung Bupati dan Wakil Bupati, karena secara tidak langsung mendukung visi misinya. Jadi, saya mendukung apa yang telah disampaikan Ketua KNPI Sampang,” ucapnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Bupati Trenggalek ini menyampaikan, pemuda tidak ada yang melahirkan, akan tetapi pemuda melahirkan sesuatu. “Maka, jangan banyak tanya pemuda itu akan dapat apa dari kabupaten, tapi sudah ada yang mikir,” ucapnya.

Pria yang akrab disapa Gus Ipin ini menambahkan, ia berharap membantu program pemerintah daerah, karena secara tidak langsung tugas pemerintah daerah juga tugas para pemuda KNPI.

“Karena, saat ini sadar tidak sadar kita adalah penentu ketangguhan dalam menghadapi krisis kesehatan dan ekonomi, kita sebagai pemuda akan menjadi penentu,” pungkas Gus Ipin.

Sementara itu Bupati Sampang H. Slamet Junaidi dalam sambutannya berharap, agar DPD KNPI Sampang mampu memfasilitasi terciptanya kemajuan bagi pemuda dan masyarakat Sampang.

“Untuk mewujudkannya, pemerintah daerah juga akan memperhatikan program-program kerja DPD KNPI Sampang, sehingga kita bisa saling bersinergi,” ujar H. Slamet Junaidi.

Orang nomor satu di lingkungan Pemkab Sampang ini juga berpesan, kembangkan KNPI secara profesional dengan menumbuh kembangkan patriotisme dan nasionalisme kepada bangsa dan negara, serta modernitas dan cara pandang yang dinamis.

Selain itu, pihaknya menilai KNPI yang berisikan pemuda intelektual memiliki peran sentral mengawal pembangunan di Kabupaten Sampang.

“Jadikan KNPI sebagai organisasi yang egaliter, bukan organisasi elit maupun eksklusif. Kami nantikan kiprah KNPI Sampang untuk ikut berkontribusi dalam mewujudkan Sampang yang hebat dan bermartabat,” ucapnya. (dhe)