Bupati Sampang Saksikan Prosesi Petik Laut Di Kecamatan Sreseh

SAMPANG – DISKOMINFO, Adat istiadat disetiap Daerah mempunyai ciri khas masing-masing, seperti halnya bagi masyarakat pesisir yang sebagian masyarakatnya berprofesi sebagai nelayan, yang mana setiap tahun melaksanakan petik laut. Hal tersebut pula dilakukan oleh masyarakat Sampang tepatnya di Dusun Tasolong Desa Sreseh Kecamatan Sreseh Sampang.Petik laut atau Rokat Tase’ dilakukan oleh masyarakat sreseh sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT. atas perolehan hasil laut yang didapatkan oleh nelayan setempat dengan cara melepas sapi ke tengah laut.

Dalam kesempatan tersebut dihadiri oleh Bupati Sampang H. Slamet Junaidi dan Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat, serta Kepala OPD Kabupaten Sampang.

Dengan dihadiri ribuan pengunjung yang menyaksikan tradisi rokat tase’, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi melepas langsung sapi ke tengah laut sebagaimana bentuk dari prosesi tradisi rokat tase’ di Sreseh.

Dalam sambutannya H. Slamet Junaidi mengungkapkan rasa kebahagiaannya bisa menghadiri tradisi turun-temurun yang dilakukan oleh masyarakat sreseh yakni Rokat Tase’

“Saya senang bisa menghadiri acara ini, ini baru pertama kali saya menghadiri acara Rokat Tase’ di Kecamatan Sreseh semenjak saya dilantik” ungkapnya.

Lebih lanjut H. Slamet Junaidi berpesan untuk terus menjaga tradisi di Kabupaten Sampang, supaya tetap lestari dan akan menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Sampang.

“Mari kita melindungi dan melestarikan budaya dan tradisi yang ada di Kabupaten Sampang, agar aset budaya yang kita miliki tidak punah” pesan H. Slamet Junaidi. (Dar)