Bupati Sampang Resmikan Balai Desa Tobai Barat

Bupati Sampang H. Slamet Junaidi saat menandatangani prasasti peresmian Balai Desa Tobai Barat.

SAMPANG – Bupati Sampang H. Slamet Junaidi menghadiri peresmian Balai Desa Tobai Barat di Kecamatan Sokobanah, Sabtu (17/10/2020).

Ikut hadir dalam peresmian tersebut diantaranya Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang H. Yuliadi Setiawan, Kepala OPD, Camat Sokobanah, Anggota DPRD Sampang Fathul Qoribullah.

Mengawali sambutannya, Kepala Desa Tobai Barat Edy Sukamto berterimakasih kepada Bupati Sampang yang menyempatkan hadir di tengah kesibukannya dalam kegiatan Lemhanas.

Dijelaskan lebih lanjut bahwa pembangunan Balai Desa tersebut menghabiskan dana sekitar 200 juta lebih yang diambilkan dari Alokasi Dana Desa sekitar 69 juta yang sisanya dilakukan secara swadaya.

“Ini semua berkat kekompakan lapisan elemen masyarakat di Tobai Barat, ada yang menyumbang pasir, semen dan sebagainya semuanya karena ingin pelayanan publik berjalan maksimal,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi menyampaikan apresiasi dengan rampungnya Kantor Kepala Desa yang merupakan hasil swadaya masyarakat serta sebagian menggunakan Alokasi Dana Desa (ADD) yang bersumber dari APBD.

Pihaknya berharap dengan hal tersebut akan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan sehingga pelayanan kepada masyarakat semakin optimal.

Balai Desa menurutnya merupakan prasarana yang vital bagi terselenggaranya pemerintahan di tingkat desa dan juga menjadi pusat aktivitas sosial budaya di desa.

Pihaknya juga mengajak Kepala Desa untuk kreatif melakukan kegiatan yang melibatkan warga dan menumbuhkan sifat kegotongroyongan.

“Desa Tobai Barat menjadi percontohan bagi desa yang lain bahwa disini kegotongroyongan masih ada bagaimana dana ADD yang kurang ditutupi dengan swadaya dari masyarakat untuk membangun Balai Desa,” ucapnya.

Dengan begitu, pihaknya berharap agar Desa yang memiliki Balai bisa segera membangun baik diambil dari dana desa ataupun lainnya sedangkan kepada Desa yang memiliki Balai namun tidak dimanfaatkan dengan baik menghimbau agar bisa difungsikan untuk kemaslahatan publik. (dhe)