Bupati Sampang Genjot Pembangunan Infrastruktur di Kedungdung

Musyawarah Perencanaan Pembangunan di Kecamatan Kedungdung.

SAMPANG – Rabu (19/02/2020) digelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kabupaten Sampang Tahun 2021 di tingkat Kecamatan Kedungdung.

Tema Sentral yang dibahas pada Musrenbang di Kedungdung itu Penguatan Kontribusi Sektor Unggulan dalam Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi menuju Sampang Hebat Bermartabat.

Camat Kedungdung Arif Purna Hermawan S. STP, MM dalam laporannya menyampaikan jika kondisi geografis wilayahnya sangat luas serta populasi penduduk yang sangat banyak.

Dari hal itu, pihaknya berharap ada penyebaran yang merata fasilitas pendidikan dan kesehatan khususnya di Desa karena dua hal itu yang akan menopang pembangunan Sumber Daya Manusia suatu daerah.

Bupati Sampang ketika memberikan sambutan.

Bupati Sampang H. Slamet Junaidi menyampaikan jika forum Musrenbangcam tersebut merupakan kelanjutan dari Musrenbangdes dan bertujuan untuk meneruskan usulan dari desa.

“Kita selalu bawa para Kepala OPD ketika Musrenbang agar mereka terlihat dan mengetahui langsung usulan dari masyarakat bawah termasuk problematikanya juga,” ucapnya.

Dirinya berpesan untuk selalu melakukan laporan capaian program yang telah direalisasikan sehingga di tahun berikutnya ada evaluasi.

“Jika ada jalan yang dibangun tahun ini misalnya, tahun depan wajib juga dilaporkan bagaimana kondisinya apa masih utuh, ataukah sudah rusak bagaiamanapun kondisinya laporkan supaya kita mengetahui kondisi yang riil terjadi,” tegasnya.

Output dana PIK yang selalu dianggarkan Pemerintah Daerah diharapkan juga jelas dan terarah manfaatnya untuk masyarakat banyak terlebih Kedungdung sangat luas dengan sebaran penduduk nomor dua di Sampang.

Lebih lanjut dirinya mengimbau untuk Kepala Desa agar lebih membangun sinergi dan mengembangkan potensi yang ada di desanya masing-masing.

Dirinya pun siap membantu segala macamnya jika ada desa yang berpotensi dari sektor pertanian, peternakan maupun wisatanya.

“BUMDes di Desa harus bergerak, jangan hanya menunggu saja, kita siap suplai bantuan tapi usulannya juga harus jelas dan bermanfaat bagi masyarakat, jangan membuat program yang akal-akalan,” lanjutnya.

Jalan Kedungdung yang akan menghubungkan ke Bringkoning pihaknya menargetkan akan selesai di Tahun 2021 agar masyarakat pelosok bisa juga terhubung dengan baik karena infrastruktur yang bagus.

“Tak hanya itu, jalan Moktesareh ke Tambelangan juga tidak layak, tahun ini kita lakukan perencanaan, tahun depan kita targetkan akan selesai diperbaiki,” pungkasnya yang kemudian diiringi riuh tepuk tangan tamu undangan.

Sekedar diketahui, kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati H. Slamet Junaidi, Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat, Pj. Sekdakab Yuliadi Setiawan, Perwakilan DPRD Sampang Dapil III, para Kepala OPD, Forkopimcam Kedungdung, Kepala Desa dan Toga serta Tomas setempat. (dhe)