Bupati Sampang Dukung Langkah Zaki Menuju Pemuda Pelopor Nasional 2020

Bupati Sampang H. Slamet Junaidi bersama Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat dan Pendiri Senyum Desa Abdul Rozak beserta pengurus.

SAMPANG – Abdul Rozak (23) pemuda yang lahir di Dusun Nyeramot, Kecamatan Kedungdung berhasil melambungkan nama Kabupaten Sampang melalui prestasi kepemudaan yang menjuarai ajang Pemuda Pelopor Nasional 2020 di tingkat Jawa Timur.

Pria yang akrab disapa Zaki merupakan putra dari seorang Pedagang Kaki Lima (PKL) di desanya itu otomatis akan mewakili Jawa Timur pada ajang Pemilihan Pemuda Pelopor Nasional 2020 bidang agama, sosial dan budaya.

Untuk terpilih menjadi yang nomor satu di Jawa Timur sebelumnya Rozak telah melalui beberapa tahapan mulai dari pemilihan di tingkat Kabupaten kemudian di Provinsi dan dilakukan Fact Finding penilaian ke lapangan oleh tim dari Dispora Jawa Timur.

Kampong Tenggher binaan Senyum Desa.

Pendiri Yayasan Senyum Desa itu mencoba untuk menghidupkan kembali adat dan budaya Madura yang telah terkikis oleh modernisasi melalui Kampong Tenggher.

Kampong Tenggher menurutnya akan dibranding sebagai wisata adat budaya Madura mulai dari kawasan sekitarnya yang diberi pagar berwarna corak madura dan geografis serta kondisi rumah adatnya.

Tak hanya itu, di Kampong Tengger ditemui juga pelestarian budaya leluhur seperti tradisi gumbek dengan menggunakan alat tradisional seperti lesung dan lainnya.

Di bidang sosial misalnya, Senyum Desa yang dikomandoi oleh Abdul Rozak aktif memberikan sembako ke pelosok desa di Sampang dan juga melakukan penyemprotan disinfektan virus Covid-19.

Bidang agama pun Senyum Desa aktif menyalurkan Al-qur’an ke langgar Desa dengan tujuan untuk mendukung program Tahfidz kepada anak-anak di pelosok desa.

Rozak yang merupakan anak Pedagang patut berbangga sebab tak mudah untuk lolos ke Pemuda Pelopor Nasional dengan menyisihkan ratusan pesaing pemuda berpretasi lainnya.

“Terima kasih banyak ini berrkat dukungan semua pihak, tugas saya belum selesai karena masih akan bersaing di tingkat Nasional semoga bisa membawa nama Sampang dan Jawa Timur dengan baik,” ucapnya.

Rozak mengaku segala persiapan telah digodok olehnya mulai dari proses pembuatan proposal yang akan dikirim ke Kemenpora selaku leading sektor kegiatan ini.

Kabupaten Sampang sendiri pada tahun lalu telah meloloskan salah satu pemudinya hingga ke tingkat Nasional walaupun harus pulang dengan Juara 2 di bidang yang sama.

“Tahun ini kita optimis Zaki bisa membawa Juara 1 Pemuda Pelopor Nasional, tentunya Pemerintah Kabupaten Sampang akan selalu mendukung para pemuda yang berprestasi,” ucap Bupati Sampang H. Slamet Junaidi saat ditemui di ruang kerjanya.

Abdul Rozak di mata Bupati Sampang H. Slamet Junaidi merupakan pemuda yang pro aktif menggerakkan kegiatan sosial bahkan komunitas yang didirikannya saat ini sudah ada perwakilan di 20 Provinsi.

“Kita patut berbangga bahwa Komunitas Sosial Senyum Desa yang telah menasional tersebut Pendirinya asli Putra Daerah Sampang, doa dan harapan kami semoga sukses menjadi yang terbaik di ajang Pemuda Pelopor Nasional,” harapnya. (dhe)