Bupati Sampang Ajak Insan Pers dan LSM Bersatu Melawan Covid-19

SAMPANG – Pemerintah Kabupaten Sampang menggelar Gathering bersama kalangan insan Pers dan LSM di Pendopo Trunojoyo, Selasa (14/07/2020).

Gathering yang dilakukan oleh Pemkab Sampang tersebut merupakan dalam rangka mengajak kalangan insan pers dan LSM untuk bersatu melawan Covid-19.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Sampang H. Slamet Junaidi, Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat, Kapolres Sampang AKBP Didit BWS, S.I.K, Dandim 0828 Letkol Arm Mulya Yaser Kalsum, Kajari Sampang Maskur, S.H., M.H, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sampang Yuliadi Setiawan.

Salah satu insan pers memberikan pertanyaan dan saran kepada Gugus Tugas Covid-19 dan Pemkab Sampang.

Bupati Sampang H. Slamet Junaidi menyampaikan bahwa pertemuan tersebut untuk mengajak para insan pers dan LSM yang ada di Kota Bahari untuk ikut bersama-sama Pemerintah melawan Covid-19.

Lebih lanjut, pihaknya mengatakan bahwa memerlukan pemikiran dari unsur pers dan LSM untuk upaya pencegahan dalam meminimalisir penyebaran Covid-19 di Sampang.

Tak hanya itu, H. Slamet Junaidi membuka ruang seluas-luasnya bagi para insan pers dan LSM untuk berdiskusi agar ikut serta memberikan ide pemikiran bagaimana bisa bermanfaat untuk Kabupaten Sampang.

“Kita buka ruang 24 jam untuk insan pers dan LSM karena membangun Sampang tidak bisa sendiri saja termasuk melawan wabah Covid-19 ini pun juga harus ada andil dari semua pihak,” ujarnya.

Menanggapi stigma negatif dari masyarakat yang masih ada tidak mempercayai adanya Covid-19, pihaknya juga berharap kepada insan pers ikut serta menjaga kondusifitas pemberitaan dan ikut serta memberikan sosialisasi dalam segi pemberitaan.

Dalam hal anggaran Covid-19, pihaknya juga membuka ruang seluas-luasnya kepada masyarakat untuk ikut mengawal penggunaan anggaran bagaimana pihaknya juga ingin transparan.

“Persoalan anggaran penggunaan Covid-19 kita pasti transparan, sampai saat ini dana hasil refoucusing masih banyak yang belum terpakai, harapan kita nanti bisa dikembalikan ke pos anggarannya kembali setelah masa Pandemi selesai,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, pria yang juga merupakan mantan Anggota DPR RI tersebut mewarning para pejabat dibawahnya agar tidak main-main dalam penggunaan anggaran Covid-19.

“Jangan ada yang mengambil kesempatan dalam suatu bencana, ancamannnya tak main-main karena bisa masuk penjara, ini yang kita selalu wanti-wanti kepada para pejabat,” tutupnya.

Pantauan di lapangan, Gathering tersebut berlangsung dengan penuh keakraban dan terjalin diskusi antara insan pers, LSM dan Forkopimda beserta Kepala Organisasi Perangkat Xaerah yang hadir. (dhe)