Bupati Haji Idi Serahkan Reward dan Beasiswa Kepada Pemenang MTQ XXIX Jawa Timur asal Sampang

Bupati Sampang H. Slamet Junaidi saat menyerahkan reward.
(Foto : Prokopim Pemkab)

SAMPANG – Bupati Sampang H. Slamet Junaidi memberikan reward kepada para Kafilah MTQ XXIX Jawa Timur yang berhasil membawa pulang juara ke Kota Bahari, Senin (22/11/2021).

Penyerahan reward dilakukan di Kantor Pemkab Sampang dengan turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah sekaligus Ketua LPTQ H. Yuliadi Setiawan, Kepala Kemenag Sampang H. Pardi, Kabag Kesra Pemkab Sampang Ir. Tolkah.

Reward yang diberikan oleh Bupati Sampang H. Slamet Junaidi berupa uang tunai dan akan diberikan beasiswa juga kepada para pemenang MTQ XXIX asal Kabupaten Sampang.

Adapun empat Kafilah MTQ XXIX yang Juara diantaranya Ubaidillah Juara Terbaik II Cabang Tafsir Bahasa Ara, Asroful Anam Juara Terbaik II Cabang Khat Kontemporer, Nawadi Juara Terbaik III Cabang Tartil dan Risya Farida Juara Harapan II Cabang Qira’at Mujawad Dewasa.

Bupati Sampang H. Slamet Junaidi mengungkapkan rasa bangga karena perwakilan Sampang pada lomba MTQ XXIX Jawa Timur berhasil masuk kategori 20 besar dari total 38 kategori.

“Saya bangga sekali, untuk pertama kalinya Kabupaten Sampang akhirnya kembali disebut masuk dalam 20 besar, tepatnya diurutan ke-19, ini sebuah peningkatan prestasi, ungkapnya.

Selain memberikan sejumlah uang pembinaan, Bupati Sampang juga memberikan Beasiswa untuk keempat warga Sampang berprestasi pada kegiatan MTQ XXIX Jawa Timur agar dapat menempuh pendidikan tinggi.

“Selain berprestasi dibidang MTQ, kalian juga harus berpendidikan tinggi, supaya talenta-talenta kita semakin berkualitas, ” ungkapnya.

Demi optimalnya talenta MTQ Sampang, H. Slamet Junaidi menghimbau agar proses seleksi perwakilan lomba MTQ Kabupaten Sampang kedepannya dapat lebih maksimal sehingga mampu menjaring talenta-talenta terbaik di Kabupaten Sampang.

“2 tahun lagi kita akan menghadapi lomba MTQ di Pasuruan, untuk itu kita perlu melakukan penjaringan dengan lebih ketat dan maksimal agar talenta terbaik kita di Kabupaten Sampang dapat terjaring dengan optimal,” ujar Bupati yang akrab dengan panggilan H. Idi.

Pihaknya menekankan bahwa perwakilan Kabupaten Sampang harus berasal dari putra-putri terbaik Kabupaten Sampang dan diberikan pembinaan secara optimal.

“Saya tidak perlu orang luar, saya hanya butuh anak daerah kita untuk dibina dan berkiprah kedepannya dengan memberikan warna dan prestasi, “tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang H. Yuliadi Setiawan menyampaikan bahwa jajarannya telah melakukan evaluasi untuk penjaringan talenta dalam menghadapi MTQ 2 tahun mendatang.

“Persiapan untuk MTQ mendatang kami telah melaksanakan pertemuan bersama Kemenag untuk mengevaluasi apa yg menjadi kekurangan kemarin sehingga dapat lebih maksimal nantinya,” ucap pria yang juga menjabat sebagai Ketua LPTQ Kabupaten Sampang.

Salah satunya yang akan dilakukan yaitu penjaringan dini dengan lebih optimal dengan melakukan penjaringan mulai dari tingkat kecamatan dan kerjasama dengan pondok-pondok kemudian yang terbaik kita asah kemampuannya agar lebih siap untuk mewakili Kabupaten Sampang.

Pihaknya juga menyampaikan bahwa pemberian reward kepada juara MTQ XXIX ini merupakan bentuk apresiasi Bupati Sampang bagi siapapun warga Sampang yang berprestasi ditingkat Provinsi, Nasional maupun Internasional.

“Ini bentuk bonus kemenangan yang diberikan Bupati Sampang untuk warga kita yang berprestasi ditingkat Provinsi, Nasional maupun Internasional,” tutupnya. (rsa/dhe)