Bupati dan Wabup Sampang Apresiasi Pelaksanaan Daol Combodug Virtual Pertama di Madura

SAMPANG – Bupati Sampang H. Slamet Junaidi dan Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat menghadiri Grand Final Festival Musik Tradisional Daol Combodug se Madura, Minggu (30/5/2021).

Kegiatan yang digelar di Pendopo Wakil Bupati Sampang tersebut menampilkan tiga peserta terbaik dan dua bintang tamu Daol Combo serta tiga peserta terbaik dan satu bintang tamu Daol Dug Dug.

Adapun peserta yang mengikuti festival tersebut berasal dari empat Kabupaten seluruh di Madura secara virtual.

Kegiatan tersebut sudah melalui penyetoran video ke panitia untuk dilakukan proses penilaian terhadap para peserta sejak tanggal 18 sampai 21 Mei 2021.

Dari hasil penilaian tersebut akhirnya ditentukan 6 besar untuk menuju ke grand final dengan rincian dari kategori daol combo diambil 3 peserta dan dari daol dug dug juga 3 peserta.

Turut hadir pada malam Grand Final tersebut diantaranya, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi, Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat, Sekdakab Sampang Yuliadi Setiawan, S. Sos, MM, Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata ( Disporabudpar) Kab. Sampang H. Marnilem, S.Pd, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kab. Sampang Amrin Hidayat, S.Kom, Ketua Gqpem H. Sarif, Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Sampang Akhmad Mohtadin.

Kepala Disporabudpar Kab. Sampang, H. Marnilem, S.Pd dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan tersebut memang dilakukan secara virtual dengan tujuan untuk menghindari kerumunan dan penyebaran Chovid-19.

“Malam ini kita bersama-sama melaksanakan lomba daol Combodug se Madura di Pendopo Wakil Bupati Sampang.
Pada kesempatan ini kami selaku panitia menyampaikan beberapa hal, yaitu dalam rangka untuk melestarikan budaya musik tradisional yang merupakan kebanggaan khususnya warga Sampang dan masyarakat Madura pada umumnya”, ucapnya.

Pihaknya menyampaikan bahwa di awal rekan-rekan panitia di awal bermaksud ingin mengadakan lomba daol combo dan dug dug dengan cara parade seperti yang diadakan pada tahun-tahun sebelumnya, namun pada saat itu kami sampaikan bahwa di masa-masa pandemi ini maka kita selaku dinas terkait akan mendukung jika dilakukan secara virtual.

Selain itu kami sampaikan kalau anggaran untuk kegiatan daol Combodug ini dihapus atau terkena reforcusing, oleh sebab itu kami dari Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata Kabupaten Sampang mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Sampang karena kegiatan tersebut dilakukan secara virtual”, Ucapnya.

Sementara itu, Bupati Sampang, H. Slamet Junaidi dalam sambutannya menyatakan jika kegiatan daol Combodug terakhir kali dilaksanakan secara parade pada tahun 2019 dan sejak tahun 2020 kegiatan tersebut ditiadakan karena terkendala pandemi Covid-19

Namun pihaknya bersyukur pada malam ini kita bisa melaksanakan kegiatan daol Combodug meskipun dengan cara virtual dengan tujuan agar musik tradisional kebanggaan masyarakat Madura ini tidak mati dan tetap dapat dilestarikan”, Ujarnya.

“Kami sebagai Pemerintah Kabupaten Sampang tentunya ingin selalu mengadakan acara ini setiap tahunnya, karena dengan kegiatan musik tradisional Daol Combodug tersebut kita menunjukkan kebersamaan antara pemerintah daerah dan masyarakat, asalkan sesuai dengan protokol kesehatan”, Imbuhnya.

Selanjutnya H. Slamet Junaidi mengapresiasi atas kegiatan yang telah dilaksanakan pada malam ini.
“Kita sama-sama berharap semoga kedepannya pandemi ini segera berakhir, sehingga lomba daol combo dan dug dug bisa dilakukan secara parade seperti tahun-tahun sebelumnya”, Pungkasnya.

Perlu diketahui bahwa salam kegiatan malam grand final musik tradisional Daol Combodug se Madura yang diadakan oleh KPMT Sampang tersebut didukung oleh Diskominfo, Disporabudpar, Ken Karo Cafe, Kapra Group, JCW, PWI, Jendral Project dan Bos Kain.

Adapun juara katagori Daol Combo diantaranya untuk juara harapan 2 ‘Putra Garuda, juara harapan 1 ‘Putra Kamboja’, juara 3 ‘Putra Plakaran’, juara 2 ‘Kor Bukor’ dan juara 1 ‘Adela’, sedangkan katagori Daol Dug dug juaranya antara lain, harapan 2 ‘Luchita Percution, harapan 1 ‘Putra Branjangan’, juara 3 ‘Ikamaru’, juara 2 ‘Dharma Langit’ dan juara 1 ‘Terak Bulen’.

Sedangkan juara favorit Daol Combo yaitu Putra Glisgis dan juara favorit Daol Dug dug dimenangkan oleh Ikamaru dan untuk juara disiplin Protokol Kesehatan diraih oleh ‘Putra Branjangan’. (dhe)