Buka Sekolah Anggaran DPD KNPI Sampang, Aba Ab Ajak Keterlibatan Pemuda Dalam Proses Perencanaan Pembangunan Daerah

Wakil Bupati Sampang bersama Perwakilan OKP dan KNPI Sampang.
(Foto : Prokopim Pemkab)

SAMPANG – Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat membuka kegiatan Sekolah Anggaran I yang diselenggarakan oleh Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sampang, di Hotel Panglima, Rabu (6/7/2022).

Adapun tema yang diambil dalam kegiatan Sekolah Anggaran I yakni Complicity Pemuda dalam siklus anggaran dengan melibatkan 40 peserta yang terdiri dari Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP) serta Dewan Pengurus Kecamatan (DPK) KNPI se Kabupaten Sampang.

Pembukaan Sekolah Anggaran I oleh Wakil Bupati Sampang.
(Foto : Prokopim Pemkab)

Ketua DPD KNPI Sampang Nurul Huda menyampaikan bahwa tujuan digelarnya Sekolah Anggaran untuk membentuk Sumber Daya Manusia(SDM) kepemudaan yang profesional agar memberikan kontribusi nyata kepada Pemerintah Daerah.

Selain itu juga sebagai sarana mengasah kemampuan dan keterampilan masyarakat dan pemuda untuk melakukan pengawasan dalam tata kelola pemerintahan khususnya anggaran.

“KNPI siap berkolaborasi dengan siapapun dan terlibat dalam proses perencanaan pembangunan daerah mulai tingkat Desa, Kecamatan dan Kabupaten,” ungkapnya.

Pemuda yang akrab disapa Ra Huda tersebut juga memaparkan bahwa saat ini pihaknya fokus mengawal Raperda Kepemudaan bersama DPRD Sampang.

“Tujuan kami agar Pemuda Sampang tidak dipandang sebelah mata dan memiliki payung hukum serta bagian dari proses menuju Sampang Layak Pemuda,” tegasnya.

Pihaknya juga memaparkan bahwa dalam beberapa bulan kedepan, DPD KNPI Sampang akan membentuk Koperasi Mandiri Pemuda Sampang.

“Sesuai tagline kita saat dilantik memiliki cita -cita mandiri secara organisasi dan ekonomi dan Koperasi ini akan difokuskan menyasar kalangan Pemuda,” ucapnya.

Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat saat menyampaikan sambutan.
(Foto : Prokopim Pemkab)

Sementara itu, Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat mengapresiasi ide brilian kegiatan Sekolah Anggaran yang digelar DPD KNPI Sampang.

Kegiatan tersebut diharapkan bisa memberikan wawasan terkait pola keuangan dan anggaran serta proses perencanaan pembangunan di Pemerintahan mulai dari tingkat Desa, Kecamatan dan Kabupaten.

“Sekolah Anggaran yang digelar KNPI bisa meningkatkan SDM kepemudaan, oleh karena itu kami mengajak unsur dari Pemuda untuk ikut terlibat dalam proses perencanaan pembangunan daerah,” ujarnya.

Aba Ab berpesan kepada para peserta dan KNPI Sampang agar ilmu yang diperoleh dari para Pemateri berkompeten dapat diimplementasikan di lingkungan masyarakat. (dhe)

Search