Buka Rakorwil MUI Madura, Begini Pesan Bupati Sampang

Bupati Sampang H. Slamet Junaidi saat menyampaikan sambutan.
(Foto : Prokopim Pemkab)

SAMPANG – Bupati Sampang H. Slamet Junaidi membuka Rapat Koordinasi Wilayah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Madura, Selasa (23/11/2021) di Aula Kantor Pemerintah Kabupaten Sampang.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat, Sekda Kabupaten Sampang Yuliadi Setiawan, S.Sos, MM, Ketua MUI Kab. Sampang KH. Buchori Maksum, Ketua MUI Kab. Pamekasan KH. Ali Rahbini, Ketua MUI Kab. Bangkalan ( KH. Syaifudin Damanhuri, Ketua MUI Kab. Sumenep KH. Moh Sholeh beserta Pengurus MUI seluruh Madura.

Bupati H. Slamet Junaidi bersama Wakil Bupati H. Abdullah Hidayat dan Sekdakab H. Yuliadi Setiawan bersama Ketua MUI Se-Madura.
(Foto : Prokopim Pemkab)

Ketua MUI Kabupaten Sampang KH. Buchori Maksum menyampaikan bahwa pertemuan tersebut digelar dalam rangka menyikapi hal dan peristiwa yang terjadi beberapa waktu saat ini sekaligus rutinan setiap tiga bulan sekali.

“Adanya kabar di medsos tentang adanya tagar bubarkan MUI menguatkan kita disini ingin mempertahankan eksistensi MUI yang memiliki tugas Pokok menjaga Agama Islam,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Ketua MUI Kabupaten Pamekasan KH. Ali Rahbini yang juga sebagai Ketua Korwil MUI Madura menyampaikan bahwa kegiatan tersebut rutin digelar setiap tiga bulan sekali.

Banyak hal yang dibicarakan dalam setiap pertemuan yang dilakukan, terutama dalam menyikapi permasalah tentang agama islam.

“MUI korwil Madura selalu memberikan solusi dalam berbagai permasalahan khususnya yang ada di wilayah Madura, bahkan menerbitkan pedoman syariah dalam mengawal pembangunan khususnya yang ada di wilayah Madura,” ujarnya.

Pihaknya juga mengucapkan terimakasih kepada Bupati Sampang atas fasilitasi dan dukungannya sehingga terlaksana kegiatan Rakorwil MUI Madura.

Dalam sambutannya, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi mengapresiasi kegiatan Rakorwil MUI Se Madura yang dilaksanakan di Kota Bahari.

Pihaknya sangat sepakat dengan tema menguatkan kembali Islam wasathi karena setiap kebijakan yang dikeluarkan Pemkab harus bersinergi dengan para ulama.

“Kedepan kondusifitas Madura bukan hanya menjadi tugas dari TNI dan POLRI saja, namun kita bersama – sama termasuk para Ulama sehingga pembangunan di wilayah Madura dapat dilaksanakan secara maksimal,” tutupnya. (dhe)