Buka Musrenbangcam Karang Penang, Bupati Harapkan Desa Mandiri dan Maju

Suasana Musyawarah Perencanaan Pembangunan di Kecamatan Karang Penang.

SAMPANG – Memasuki hari kelima, Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kabupaten Sampang Tahun 2021 digelar di tingkat Kecamatan Karang Penang, Selasa (18/02/2020).

Tema Sentral yang dibahas pada dalam Musrenbang di Pangarengan itu Penguatan Kontribusi Sektor Unggulan dalam Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi menuju Sampang Hebat Bermartabat.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati H. Slamet Junaidi, Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat, Pj. Sekdakab Yuliadi Setiawan, Perwakilan DPRD Sampang Dapil V, para Kepala OPD, Forkopimcam Karang Penang, Kepala Desa dan Toga serta Tomas setempat.

Dalam laporannya, Camat Karang Penang Tri Jayadi menyampaikan jika ada beberapa permasalahan yang dihadapi pihaknya di wilayahnya seperti misalnya kualitas Sumber Daya Manusia yang masih rendah.

Kemudian masalah lainnya tingkat kemiskinan masih tinggi, pertumbuhan ekonomi rendah, infrastruktur yang belum merata, tata kelola pemerintahan belum optimal ddan kondisi geografis yang berbukitan.

Semua masalah itu tentu menurut pria berkacamata itu tetap tak akan menghambat jalannya pembangunan di Karang Penang.

Lebih lanjut, pihaknya melaporkan jika masih banyak jalan poros desa yang rusak namun di Tahun 2019 perlahan-lahan mulai ada sedikit perubahan dan pembangunan.

“Dengan keterbatasan dana diharapkan mampu memaksimalkan jalan poros desa agar kepentingan masyarakat dan perekonomiannya meningkat,” ucapnya.

Bupati Sampang H. Slamet Junaidi ketika memberikan sambutan.

Bupati Sampang H. Slamet Junaidi menyampaikan jika pelaksanaan Musrenbangcam merupakan terusan dari Musrenbangdes yang digelar untuk mengetahui usulan dari bawah.

“Saya ingin apa yang menjadi keluhan dan usulan masyarakat ini diketahui, terlebih lagi Pemerintah Desa merupakan ujung tombak dari pelaksanaan pembangunan,” ucapnya.

Selama ini banyak keluhan dari masyarakat sekitar perihal insfrastruktur sehingga di Karang Penang menjadi program prioritas Bupati Sampang.

Dirinya menganggarkan pembangunan infrastruktur di dua kecamatan yakni, Karang Penang dan Kecamatan Sokobanah sekitar Rp 107 Miliyar.

Tak hanya itu, Bupati Sampang juga meminta kepada setiap kepala desa Kecamatan Karang Penang untuk menjadi Desa yang mandiri.

Untuk mewujudkan itu, pihaknya siap menggelontorkan anggaran dari Kabupaten ke Desa agar mampu meningkatkan taraf perekonomian selama kegiatannya positif.

Bupati Sampang, Meminta kepada seluruh Kepala Desa agar angaran Dana Desa (DD) bisa tepat sasaran dan tidak disalah gunakan.

“Kami minta Dukungan kepada seluruh masyarakat Sampang dan juga awak media untuk saling melakukan kontroling setiap kegiatan yang ada di Kabupaten Sampang,” tegasnya. (dhe)