Buka Musrenbang RKPD Tahun 2023 Kecamatan Torjun, Aba Ab Ungkap Rencana Pembangunan RSUD Rujukan dan Islamic Center

Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat saat menyampaikan sambutan.
(Foto : Prokopim Pemkab)

SAMPANG – Wakil Bupati Sampang membuka pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sampang Tahun 2023 hari pertama di Kecamatan Torjun, Rabu, (2/2/2022).

Tema Sentral yang dibahas pada dalam Musrenbang tersebut yakni “Pembangunan infrastruktur untuk mendukung pemantapan pemulihan ekonomi serta peningkatan kualitas dan daya saing sumber daya manusia menuju Sampang Hebat Bermartabat”.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Anggota DPRD Sampang Dapil I Iwan Efendi, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Forkopimcam Torjun, Pj Kepala Desa, Ketua TP PKK Kecamatan dan Desa, Tokoh Agama serta masyarakat di Kecamatan Torjun.

Musrenbangcam merupakan agenda tahunan dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sampang Tahun 2023 dan forum pembahasan hasil daftar usulan desa di lingkup kecamatan dari berbagai bidang.

Camat Torjun Lutfi Maliki saat menyampaikan laporannya menyampaikan jika pelaksanaan Musrenbangcam untuk membahas dan menyepakati hasil Musrenbang di tingkat desa.

Adapun tujuan lainnya yakni untuk menyelaraskan program baik dari sektor pembangunan, perekonomian dan sebagainya yang akan dilakukan di tahun 2023.

“Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada Bapak Bupati dan Wabup, banyak program usulan mulai dari bidang infrastruktur, kesehatan, pendidikan, ekonomi yang menyentuh masyarakat Torjun,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat menyampaikan jika kehadiran dirinya ingin mendengar langsung usulan dan keluhan masyarakat dari bawah.

Musrenbang tersebut diharapkan menjadi forum untuk mempertajam, menyelaraskan, mengklarifikasi dan mencapai konsensus terkait usulan rencana kegiatan pembangunan desa yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah di tingkat kecamatan.

Pihaknya berharap usulan program dari Desa dan Kecamatan berdasarkan skala prioritas sehingga tidak akan ada program yang tak bermanfaat untuk masyarakat.

“Kita tekankan bahwa program yang dianggarkan tidak ada akal-akalan dan memiliki nilai manfaat untuk masyarakat di Kecamatan Torjun,” ungkapnya.

Aba Ab menyampaikan komitmennya untuk memberikan kemajuan dari segala sektor untuk kebermanfaatan masyarakat di Kecamatan Torjun.

Terbukti, Pemerintah Daerah saat ini tengah membangun Jalan Lingkar Selatan yang melintasi Desa Pangongsean sehingga pengembangan wilayah perkotaan dan menumbuhkan urat nadi perekonomian bisa tercapai.

Selain itu, Pemerintah Daerah juga tengah merencakan akan membangun Rumah Sakit yang akan menjadi rujukan di Pulau Madura dan Islamic Center di Kecamatan Torjun.

Pembangunan kedua gedung tersebut direncanakan di Desa Pangongsean diatas lahan 12 hektare milik Perhutani yang telah dihibahkan kepada Pemkab Sampang.

“Semua program kami semata-mata dipikirkan kebermanfaatannya untuk masyarakat, kami memohon dukungannya kepada tokoh masyarakat maupun agama untuk ikut serta berperan dalam program pembangunan demi terwujudnya Sampang yang Hebat Bermartabat,” pungkasnya. (dhe)