Pemerintah Kabupaten Sampang

Buka Musrenbang RKPD 2023 Kecamatan Karang Penang, Aba Ab Ungkap Program Optimalisasi SPAM Untuk Ketersediaan Air Bersih

Musrenbang RKPD 2023 di Kecamatan Karang Penang.
(Foto : Prokopim Pemkab)

SAMPANG – Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat membuka pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sampang Tahun 2023, di Kecamatan Karang Penang, Senin, (7/2/2022).

Tema Sentral yang dibahas pada dalam Musrenbang tersebut yakni “Pembangunan infrastruktur untuk mendukung pemantapan pemulihan ekonomi serta peningkatan kualitas dan daya saing sumber daya manusia menuju Sampang Hebat Bermartabat”.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Ketua TP PKK Sampang Hj. Mimin Slamet Junaidi, Anggota DPRD Sampang Dapil V Shohebus Sulton dan Baihaki Munir, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Forkopimcam Karang Penang, Pj Kepala Desa, Ketua TP PKK Kecamatan dan Desa, Tokoh Agama serta masyarakat di Kecamatan Karang Penang.

Camat Karang Penang Mohammad Syahrir menyampaikan jika pelaksanaan Musrenbangcam untuk membahas dan menyepakati hasil Musrenbang di tingkat desa.

Adapun tujuan lainnya yakni untuk menyelaraskan program baik dari sektor pembangunan, perekonomian dan sebagainya yang akan dilakukan di tahun 2023.

“Karang Penang memiliki hasil pertanian yang nilai ekonomisnya tinggi yaitu Jagung tepatnya di Desa Poreh, Bulmatet dan Karang Penang Onjur,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Syahrir juga mengungkapkan bahwa Jalan Kabupaten yang menghubungkan Desa Tlambah menuju Pamekasan kurang memadai sehingga butuh perbaikan.

Namun pihaknya mengakui bahwa adanya Pandemi Covid-19 menjadi kendala keterbatasan dana sehingga pembangunan tidak dapat dilakukan sesuai rencana.

Di tempat yang sama, Ketua TP PKK Sampang juga berkesempatan memberikan arahan saat Pembukaan Musrenbang RKPD 2023 Kecamatan Omben

“Usulan program pemberdayaan perempuan harus juga direalisasikan, sesuai visi misi Mewujudkan Sumber Daya Manusia yang Berkualitas dan Berdaya Saing,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat mengharapkan dengan adanya Musrenbang tidak hanya sekedar acara seremonial namun betul-betul dijadikan sebagai forum mempertajam rencana pembangunan.

Pihaknya mengakui karena adanya Pandemi Covid-19 mengakibatkan tidak tercapainya seluruh program yang telah dicanangkan di awal kepemimpinan karena diharuskan melakukan recoufusing anggaran.

“Apa yang dilakukan hari ini harus merupakan usulan program prioritas yang diajukan dari desa sehingga tidak ada program yang akal-akalan dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ungkapnya.

Walau demikian, pihaknya telah menganggarkan program SPAM sebesar 4,8 miliar untuk peningkatan air bersih di Kecamatan Karang Penang.

“Pemkab Sampang menganggarkan 4,8 miliar untuk mengatasi permasalahan air bersih di Kecamatan Karang Penang, mudah-mudahan bisa memberikan manfaat untuk masyarakat ketika musim kemarau,” tutupnya. (dhe)

Search