Bidik Anugerah Swasti Saba Wistara, PKK Sampang Lakukan Inspeksi Mendadak Bersama FSS

Rombongan PKK dan FSS saat melakukan sidak kebersihan Taman.
(Foto : Prokopim Pemkab)

SAMPANG – Ketua TP PKK Kabupaten Sampang Hj. Mimin Slamet Junaidi bersama Wakil Ketua TP PKK Hj. Vanny Abdullah Hidayat dan Ketua DWP Sampang Hj. Enny Yuliadi Setiyawan mendampingi Plt Inspektur Sampang Ari Wibowo Inspeksi Mendadak (Sidak) di Sejumlah Kantor Pemerintahan dan Fasilitas Umum Kabupaten Sampang, Kamis (13/10/2022).

Kegiatan ini merupakan sidak lanjutan bersama Forum Sampang Sehat (FSS) yang sebelumnya dilakukan bersama Bupati, Wabup dan Sekda Sampang untuk meraih Anugerah Kabupaten Sehat Swasti Saba Wistara 2023.

Sidak kali ini mendatangi sejumlah tempat, diantaranya Kantor Kecamatan Sampang, Puskesmas Kamoning, Kantor Satpol PP, Dinas Kominfo, Dishub, DPRKP, Dinas Perikanan, Disperta KP dan Taman Wiyata Bahari.

“Hari ini kita ke 10 titik, mulai dari Kecamatan Sampang, ke sejumlah OPD (Organisasi Perangkat Daerah), puskesmas dan terakhir di Taman Wiyata Bahari untuk melihat kesehatan dan kebersihan lingkungannya, ” ujar Hj. Mimin.

Dalam sidak, Ia menemukan sejumlah Kantor OPD yang masih belum menjaga kebersihannya dengan optimal, seperti debu pada meja kerja dan perabotan, puntung rokok dan sebagainya.

Ia juga menyoroti sejumlah pegawai yang merokok di dalam ruangan ber-AC, menurutnya hal ini akan mengurangi kenyamanan dan kesehatan lingkungan.

“Masih banyak yang merokok dalam ruangan ber-AC, kita harus sama sama jaga kesehatan dan lingkungan, supaya kita bekerja nyaman dan optimal, ” ungkapnya.

Sementara ketika berkunjung ke Puskesmas Kamoning, Ia sempat menyapa sejumlah pasien. Sembari menanyakan keadaan pasien, Ia juga mengingatkan pasien dan keluarga untuk turut menjaga kebersihan lingkungan faskes (fasilitas kesehatan).

“Bapak Ibu, pelayanan disini alhamdulillah sudah baik ya? Bapak juga sudah dapat pengobatan gratis dari fasilitas UHC, sebagai timbal balik, kami titip jaga kebersihan, tumpukan sampahnya dibuang (sembari menunjuk kantong plastik), supaya pasien lain juga merasa nyaman, “ujarnya mengingatkan.

Setelah mengunjungi kantor pemerintahan dan puskesmas, Ia melanjutkan perjalanan ke Taman Wiyata Bahari. Secara umum taman tampak bersih, namun Ia menemukan Sampah di kolong-kolong dudukan taman yang tertimbun.

Saat di Taman Ia juga menemukan sejumlah pelajar yang bolos sekolah, hal ini sangat Ia sayangkan. Menurutnya perlu ada petugas khusus untuk menjaga ketertiban taman.

“Nanti kami bantu komunikasikan ke Bapak Bupati, barangkali perlu polisi taman untuk menjaga ketertiban, ” tutupnya. (rsa)

Search