Berjasa Dalam Penyelesaian Konflik Syiah, Belasan Tokoh Diberikan Penghargaan Oleh Bupati Sampang

Penyerahan secara simbolis penghargaan atas jasanya dalam penyelesaian konflik Syiah.

SAMPANG – Bupati Sampang H. Slamet Junaidi dengan didampingi oleh Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat memberikan penghargaan kepada para tokoh termasuk Tokoh Agama dan Masyarakat yang berkontribusi dalam penyelesaian konflik sosial Syiah di Pendopo Trunojoyo, Senin (1/2/2021).

Konflik sosial yang telah mendunia tersebut diketahui saat ini telah memasuki tahap baru bahwa sebanyak ratusan pengikut Tajul Muluk telah kembali ke ajaran Aswaja pada akhir tahun 2020 lalu.

Walaupun pengikut Tajul Muluk saat ini telah menganut aliran Aswaja namun masih berada di Pengungsian Jemundo Sidoarjo.

“Apresiasi setinggi-tingginya kepada pihak yang selama ini intens berkomunikasi dan berjasa dengan kembalinya pengikut Tajul Muluk ke Aswaja,” ucap Bupati Sampang H. Slamet Junaidi.

Di tempat yang sama, Ketua PCNU Sampang KH. Itqon Busiri mengatakan bahwa pihaknya akan terus melakukan bimbingan kepada Tajul Muluk dan pengikutnya pasca berikrar kembali ke Aswaja

“Untuk kedepannya dibutuhkan pembinaan khusus yang diimbangi itikad baik dari Tajul Muluk dan para pengikutnya sebelum benar benar kembali ke tempat asal,” ucapnya

Penjelasan tersebut menegaskan bahwa para ulama mendukung upaya pemerintah dalam menyelesaikan konflik sosial ini.

Bupati Sampang H. Slamet Junaidi didampingi Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat memberikan penghargaan kepada Rois Syuriah PCNU Sampang KH Syafiudin Abd. Wahid.

Hal senada disampaikan oleh Rois Syuriah PCNU Sampang KH Syafiudin Abd. Wahid mengatakan bahwa banyak PR yang akan dilakukan ulama dan umaro untuk menyelesaikan konflik sosial tersebut kedepan.

“Penghargaan ini merupakan pelecut untuk kami agar lebih semangat dan menjaga soliditas yang sudah terbentuk selama supaya apa yang menjadi PR bisa selesai,” ujarnya.

Sementara itu, Tokoh Masyarakat yang juga diberikan penghargaan, Rudi Setiadi mengungkapkan bahwa dirinya merasa tidak menyangka konflik ini sudah mulai terpecahkan dan sedikit menemukan titik terang.

“Setiap permasalahan akan terdapat penyelesaian asal terjadi kerjasama yang kuat dari berbagai pihak,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, ada sebanyak 16 tokoh yang diberikan penghargaan oleh Bupati Sampang diantaranya Dandim 0828 Sampang Letkol Arm Mulya Yaser Kalsum, Kapolres Sampang AKPB Abdul Hafidz, S.I.K, Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang H. Yuliadi Setiawan, S. Sos, M. Si dan Kepala Bakesbangpol Sampang Anang Djuenaidi Santoso, S. Sos, M. Si.

Kemudian Binda Jatim Posda Sampang Kompol Ipal Faruq, SH, Kemenag Sampang Faisol Ramdhani, S.Pd, Kasat Intel Polres Sampang AKP Dani Parijono, Tokoh Masyarakat H. Rudi Setiadi, SE, MM, Intelkam Polres Sampang Bripka Eko Purwanto, Ketua PCNU Sampang KH. Itqon Busiri,

Selain itu beberapa tokoh agama lainnya juga diberikan penghargaan Rois Syuriah PC NU Sampang KH. Syafiuddin Abd Wahid, Tokoh Agama Omben KH. Lutfillah Ridwan,KH. Mahrus Abd Malik, KH. Luai Imam, KH. Ahsan Jamal Tokoh Agama Karang Penang dan Ketua MUI Sampang, Ketua MUI Sampang KH. Bukhori Mahsum. (fza/dhe)