Bawa Berbagai Aspirasi, Bupati Slamet Junaidi Terima Silaturahmi Forum Anak Kabupaten Sampang

Bupati Sampang H. Slamet Junaidi saat menerima silaturahmi Forum Anak Kabupaten Sampang.
(Foto : Prokopim Pemkab)

SAMPANG – Bupati Sampang H. Slamet Junaidi menerima silaturahmi dari Forum Anak Kabupaten Sampang di Pendapa Trunojoyo, Jum’at (4/6/2021).

Turut hadir pada pertemuan silaturahmi tersebut diantaranya Kepala Bappelitbangda Sampang Hj. Umi Hanik Laila, Plt. Kepala Dinas Sosial dan P3A Fadeli, serta perwakilan Forum Anak Kabupaten Sampang.

Kepala Bappelitbangda Sampang Hj. Umi Hanik menyampaikan bahwa pertemuan tersebut digelar untuk meneruskan aspirasi yang diwakili oleh Forum Anak kepada Bupati Sampang.

Selain itu, hal tersebut juga merupakan upaya dari mewujudkan Sampang sebagai Kabupaten Layak Anak nantinya.

“Harapannya semoga Bapak Bupati bisa memberikan motivasi dan arahan kepada Forum Anak Kabupaten Sampang,” ucapnya.

Forum Anak Kabupaten Sampang bersama Bupati Sampang H. Slamet Junaidi.
(Foto : Prokopim Pemkab)

Ketua Forum Anak Kabupaten Sampang Faradiba Erza menyampaikan kesenangannya bisa berdialog dengan Bupati sebab ada banyak aspirasi yang dibawa dari berbagai daerah.

Beberapa aspirasi yang dibawa diantaranya kawasan sekolah sudah seharusnya bebas rokok namun pihaknya masih ada ketakutan untuk menegur orang yang merokok di kawasan sekolah karena belum ada larangan terkait hal tersebut.

Kemudian Faradiba menyampaikan apresiasinya atas banyaknya sarana bermain dan taman untuk anak-anak di Kabupaten Sampang seperti halnya di Taman Wijaya Kusuma, Taman Wiyata dan Taman Bunga.

Sementara itu, Sekretaris Umum Forum Anak Kabupaten Sampang Mufarrohah bertanya kepada Pemerintah Daerah apa yang bisa dilakukan oleh Forum Anak unruk mengurangi pernikahan usia dini.

Di tempat yang sama, anggota Forum Anak Kabupaten Sampang lainnya yang berasal dari Desa Noreh Ulul Albab menyampaikan bahwa di saat masa Pandemi Covid-19 banyak anak-anak di daerahnya yang kesulitan akses internet karena pembelajaran menggunakan sistem daring.

Bupati Sampang H. Slamet Junaidi mengapresiasi keberadaan Forum Anak Sampang yang mewakili sekitar 290 ribu anam yang ada di Kabupaten Sampang.

Aspirasi yang datang dari Forum Anak Kabupaten Sampang menurutnya akan diakomodir karena hak tersebut dianggap penting untuk mewujudkan Sampang Kota Layak Anak.

“Memang kita harus menghargai kepada orang yang tidak merokok utamanya anak-anak, melalui Dinas Pendidikan nanti kita instruksikan untuk membuat Surat Edaran bahwa Sekolah merupakan area Bebas Rokok,” ucapnya.

H. Slamet Junaidi mengungkapkan bahwa di awal kepemerintahannya pada Tahun 2019 memang menggenjot keindahan taman agar dapat dimanfaatkan oleh semua kalangan termasuk anak-anak.

Bahkan dalam pembangunannya Bupati Sampang mengungkapkan jika menggunakan anggaran Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan yang berada di Sampang.

“Alhamdulillah melalui dana CSR kita berhasil membenahi taman-taman yang ada di Kabupaten Sampang, kami hanya ingin memberikan program yang betul-betul bermanfaat untuk masyarakat,” ungkapnya.

Pria yang merupakan Mantan Anggota DPR RI tersebut menyampaikan bahwa program pembelajaran melalui daring bisa menggunakan fasilitas Internet Desa yang sudah diintegrasikan di seluruh Desa.

Sebagai bentuk apresiasi, pihaknya akan memberikan basecamp dan dana hibah kepada Forum Anak Kabupaten Sampang untuk dipergunakan sebagai sarana untuk berkreasi untuk bersama-sama mewujudkan visi Hebat Bermartabat.

“Nantinya dana tersebut bisa dipergunakan untuk hal yang positif misalnya sosialisasi dan sarasehan serta menggelar Musrenbang Anak, apa yang menjadi keluhan di bawah bisa diteruskan ke Pemerintah,” tutupnya. (dhe)