Arumi Bachsin dan Putri Indonesia Semangati Generasi Muda Kampong Tenggher Sampang

Arumi Bachsin saat memberikan sambutan motivasi di Kampong Tenggher Sampang.

SAMPANG – Napak Tilas 3 Tahun “Senyum Desa” Indonesia yang diselenggarakan di Kabupaten Sampang berlangsung semarak dan meriah.

Selain kedatangan Putri Indonesia Tahun 2020 RR Ayu Maulida Putri alias Ayuma, ikut hadir juga dalam kegiatan itu yakni Ketua TP PKK Provinsi Jatim Arumi Bachsin Emil Dardak di Kampong Tenggher, Desa Banjar, Kecamatan Kedundung, Sampang, Selasa (13/10/2020).

Arumi Bachsin bersama Putri Indonesia 2020 dan rombongan saat tiba di Kampong Tenggher.

Ikut hadir pula dalam kegiatan tersebut diantaranya Wakil Ketua TP PKK Sampang Hj. Vanny Abdullah Hidayat, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Sampang Hj. Enny Yuliadi Setiawan, Kepala OPD, Anggota DPRD Sampang, Forkopimcam Kedungdung.

Saat tiba di Kampung Tenggher, Arumi Bachsin memberikan semangat kepada masyarakat dan pemuda disana untuk memiliki mimpi yang tinggi dan bisa memajukan desanya.

“Ini penting, karena berawal dari mimpi akan timbul kemauan. Dan dari kemauan akan muncul kemampuan. Dan dari kemampuan itu pasti akan ada jalan,” katanya.

Ketua TP PKK Jawa Timur Arumi Bachsin, Putri Indonesia 2020 RR Ayu Maulida Putri, Wakil Ketua TP PKK Sampang Hj. Vanny Abdullah Hidayat dan Ketua DWP Hj. Enny Yuliadi Setiawan.

Arumi berharap seluruh generasi muda di sini, bisa memiliki kemauan untuk terus maju. Sehingga bisa memiliki masa depan yang lebih baik lagi. Tentunya, juga berseiring dengan bisa memajukan perekonomian di desanya.

Saat itu, dirinya menyampaikan bahwa sosok yang bisa menjadi teladan munculnya Gerakan “Senyum Desa” adalah Abdul Rozak yang berasal dari Kampong Tenggher.

Menurut perempuan yang juga sebagai Ketua Dekranasda Jawa Timur itu, sosok Zaki mampu membuktikan bahwa jarak bukanlah menjadi penghalang untuk terus maju.

“Kalau Mas Zaki bisa, maka saya optimis para generasi muda dan adik-adik semua disini juga bisa. Jadi meskipun berada di desa kita harus bisa merubah mindset, untuk kemajuan bersama,” tandasnya.

Lebih lanjut, Arumi juga mengapresiasi semangat gotong royong warga Kampong Tengger. Itu terlihat lewat warna-warni pagar rumah warga yang sangat cantik.

Menurutnya, hal itu dinilai sangat penting. Karena, kegotong – royongan menjadi landasan dasar berdirinya negara Indonesia.

“Saat ini sudah jarang kita melihat semangat gotong royong, apalagi yang berada di perkotaan. Karenanya, saya sangat senang disini saya melihat pagar yang dicat warna warni di setiap rumah yang merupakan hasil kerja keras semua warga,” tutur Arumi.

Untuk itu, Arumi berpesan kepada Putri Indonesia 2020 Ayuma, untuk bisa menceritakan Kampong Tengger kepada dunia. Selain itu, dirinya juga mengapresiasi Ayuma yang masih mau pulang kampung ke Jawa Timur dan melakukan napak tilas.

“Ke depan, kita akan terus berkomunikasi. Dan semoga kehadiran kita disini bisa memberi manfaat bagi semua, dan semoga pandemi Covid-19 di Jatim bisa segera berakhir termasuk di Sampang,” pungkasnya.

Sementara itu, Putri Indonesia 2020 Ayu Maulidia Putri mengatakan, bahwa dirinya telah bergabung dengan
“Senyum Desa” sejak sebelum menjadi siapa-siapa. Dia ingin menularkan semangat kepedulian kepada seluruh masyarakat Indonesia.

“Jadi ibaratnya keberadaan saya di Senyum Desa ini sejak nothing. Semoga semangat untuk saling membantu masyarakat bisa kita tularkan ke seluruh Indonesia,” terang Ayuma

Di tempat yang sama, Wakil Ketua TP PKK Sampang Hj. Vanny Abdullah Hidayat mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Indonesia yang telah memprakarsai dan menyelenggarakan kegiatan positif ini.

Senyum Desa menurutnya sangat banyak memberikan manfaat kepada masyarakat karena selama ini program khusus kepada kepedulian pemberdayaan dan kemajuan desa.

Potensi masyarakat dan sumber daya alam di desa menurutnya sangat banyak namun potensi tersebut belum maksimal didayagunakan karena salah satu faktornya adalah keterbatasan kapasitas Desa mentransformasikan potensi yang dimiliki.

“Saya percaya dengan upaya tanpa lelah dari seluruh elemen dapat memberikan manfaat kepada masyarakat berdaya guna dan memiliki kemandirian ekonomi yang memadai,” tutupnya. (dhe)