Antisipasi Kecelakaan, Pemkab Sampang Alih Fungsikan Jembatan Timbang Menjadi Lokasi Parkir Khusus Truk

Salah satu truk saat memarkir kendaraan di Jembatan Timbang.

SAMPANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang melalui Dinas Perhubungan (Dishub) setempat ahli fungsikan jembatan timbang sebagai lahan parkir sekaligus tempat istirahat pengendara truk.

Tujuannya untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan mengingat selama ini para pengendara truk saat hendak beristirahat di wilayah Kota Bahari selalu memarkir kendaraannya di sembarang tempat.

Sepertihalnya memarkir di pinggir jalan raya gerbang masuk Kota Sampang dan di area terminal, meski kondisi lahan setempat minim parkir.

Kepala Dishub Sampang Aji Waluyo melalui Kasi Lalulintas Angkutan Jalan Dishub Sampang Khotibul Umam akibat pengemudi memarkir di pinggir jalan dengan niat beristirahat, insiden kecelakaan kerap kali terjadi, salah satunya di jalan raya gerbang masuk Kota Sampang.

Dengan begitu, pihaknya memanfaatkan jembatan timbang milik pemerintah pusat yang sudah lama terbengkalai tersebut untuk dijadikan lahan parkir khusus truk.

“Sebelum dialihkan menjadi lahan parkir para pengemudi truk sudah menempati jembatan timbang sebagai tempat parkir,” ujarnya.

Di samping itu, untuk membuat para pengemudi truk nyaman saat beristirahat di Jembatan Timbang, pihaknya membiarkan warung untuk berjualan di area setempat.

Bahkan pihaknya juga membantu memberikan penerangan di area warung agar bisa membuka atau berjualan meski di malam hari.

“Para pengemudi kebanyakan beristirahat di malam hari, jadi pengemudi truk nanti bisa bersantai sambil memesan kopi,” tuturnya.

Di samping itu, terkait izin untuk menggunakan lahan tersebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemprov Jatim dan mendapatkan respon positif. (red)

Search