Ajak OPD dan Masyarakat Berinovasi, Bappelitbangda Sampang Sosialisasikan Lomba Sabernova 2022

Bappelitbangda Sampang saat mensosialisasikan Lomba Sabernova.

SAMPANG – Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Sampang menggelar Sosialisasi Lomba Sampang Berkreativitas dan Inovasi (SABERNOVA), Selasa (1/3/2022).

Kegiatan yang digelar dalam rangka mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional dilaksanakan di Aula Bappelitbangda melalui Kegiatan Pengembangan Inovasi dan Teknologi Bidang Penelitian dan Pengembangan yang selanjutnya disingkat Litbang.

Peserta sosialisasi saat menyimak materi.

Sosialisasi Sabernova diikuti sekitar 60 peserta yang terdiri dari Perangkat Daerah se Kabupaten Sampang dan UPTD.

Kepala Bidang Litbang Bappelitbangda Sampang Erfin menyampaikan bahwa tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah penjaringan ide inovasi daerah dengan diadakan lomba Sampang Berkreativitas dan Inovasi (SABERNOVA) yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2021 serta memberikan pemahaman tentang apa itu inovasi daerah.

Disamping itu, pihaknya juga membuka klinik konsultasi inovasi yang harapannya dapat dijadikan sebagai wadah konsultasi serta fasilitasi pengusulan inovasi baik bagi perangkat daerah maupun masyarakat.

Sementara itu, Kepala Bappelitbangda Kabupaten Sampang yaitu Ibu Ir. Umi Hanik Laila, MM. menyampaikan bahwa berbagai hal terkait dasar hukum inovasi daerah serta latar belakang bagaimana inovasi daerah berperan penting dalam mempermudah, mempercepat pemberian layanan kepada masyarakat.

Di era serba digitalisasi, dengan inovasi Mindset budaya kerja lama bekerja seadanya, berpikir sempit dan mindset project harus merubah mindset, merubah pola penyelesaian terhadap perkembangan teknologi dengan budaya kerja baru, bekerja totalitas, efektif, efisien, berfikir kreatif dalam menyelesaikan masalah, berkolaborasi tanpa sekat dengan mindset membahagiakan pelanggan/masyarakat.

“Bappelitbangda berkomitmen memberikan pendampingan kepada para fasilitator perangkat daerah untuk meningkatkan inovasi di lingkungan kerja masing-masing,” ucapnya.

Selanjutnya dalam rangka persiapan Sabernova Award Kabupaten Sampang setelah sosialisasi akan dilanjutkan dengan rapat koordinasi dan evaluasi persiapan pengiriman proposal inovasi yang diikuti oleh Perangkat Daerah maupun ASN ataupun masyarakat umum.

Nantinya pelaksanaan pembuatan proposal dan lainnya akan dikoordinasikan melalui Bidang Litbang Bappelitbangda Kabupaten Sampang. (red)